ADVERTISEMENTS

IMM Universitas Jember Baksos Idul Qurban Di Tempat Pembuangan Akhir Sampah

IMM Universitas Jember Baksos Idul Qurban Di Tempat Pembuangan Akhir Sampah
IMM Universitas Jember bekerjasama dengan Lazismu PMMP menyelenggarakan rangkaian bakti sosial Idul Adha 1438H dengan membagikan daging qurban dalam bentuk masak (sate gulai) beserta bingkisan serta penyuluhan kesehatan di Tempat Pembuangan Akhir Sampah Pakusari, Sabtu (02/09/17)
Hari raya Idul Adha merupakan momentum sakral bagi umat Islam di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia yang telah melaksanakan sholat Ied pada hari Jum'at, 1 September 2017.

Idul Adha atau yang sering pula disebut sebagai Idul Qurban karena identik dengan prosesi penyembelihan hewan qurban tersebut nampaknya ditangkap oleh segenap pimpinan dan anggota Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Universitas Jember Komisariat Tawang Alun (KoTA) sebagai sarana berjuang 'bil amal', dengan amal perbuatan.

Tak ingin melewatkan momen tersebut, IMM Unej dengan melancarkan strategi humanitasnya menyelenggarakan Baksos (Bakti Sosial) untuk saling berbagi kesesama. Bersamaan dengan penyembelihan dan pendistribusian daging qurban dalam bentuk masakan (sate dan gulai) juga dilakukan pembagian bingkisan berupa baju bekas layak pakai serta penyuluhan kesehatan yang bertempat di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sampah Pakusari, Sabtu (02/09/17).

"Kegiatan penyembelihan hewan qurban di tempat TPA Pakusari ini mampu mendorong sikap humanitas IMM sebagai garda perjuangan dan transformasi nyata sebagai pemuda-pemudi yang Islami, Idul Adha juga mampu mengingatkan umat muslim untuk menjalin ukhuwah yang baik dalam segi sosial-budaya keIslaman," ungkap Yovi selaku ketua panitia.

IMM Universitas Jember pada Idul Adha 1438H kali ini mendapatkan kepercayaan untuk melakukan penyembelihan dan pendistribusian hewan ternak sebanyak 8 ekor kambing. Adapun nama-nama donatur yang mempercayakan penyembelihan dan pendistribusian hewan qurban kepada IMM Universitas Jember, antara lain:

  1. Hamba Allah (1 ekor kambing)
  2. Ibu Sukma (Bu Rumini), dosen Teknik Universitas Jember (1 ekor kambing)
  3. Kakanda Abdus Salam Mubarok, Alumni IMM Unej (1 ekor kambing)
  4. Ibu Siti Maryam, dosen Unmuh Jember (1 ekor kambing)
  5. Bapak Taufik, Direktur PT. Temprina Jember (1 ekor kambing)
  6. drh. Puput Rijalu W, dokter hewan (1 ekor kambing)
  7. SMA Muhammadiyah 3 Jember (2 ekor kambing)
Adapun penyuluhan kesehatan berupa pengenalan tentang arti penting masker dan cara pemakaiannya yang benar serta metode cara mencuci tangan dan perawatan luka tersebut dibawakan langsung oleh kader-kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dari lingkungan fakultas kesehatan seperti Fakultas Kedokteran, FKG, Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Farmasi.

Baksos Idul Adha 1438 H IMM Universitas Jember
Baksos Idul Adha 1438 H IMM Universitas Jember 
Kegiatan Baksos Idul Adha 1438H/2017M oleh IMM Universitas Jember (KoTA) ini juga terselenggara atas bantuan dan kerjasama dengan beberapa pihak dan donatur, seperti Lazismu Jember, Lazismu PMMP, Tokoh-tokoh Muhammadiyah desa Kertosari kecamatan Pakusari serta beberapa alumni IMM Universitas Jember.

“Alhamdulillah, kegiatan barokah ini, menjadikan pembelajaran bagi kita semua untuk turut aktif menjadi insan yang bermanfaat bagi diri kita maupun orang lain dan setiap tahun agenda baksos idul adha semacam ini menjadi kegiatan rutin tahunan IMM Universitas Jember," Pungkas Yovi. ● hasroqi, ida

Post A Comment

ADVERTISEMENTS