Sedekah Kaget IMM Universitas Jember Untuk Pemulung Pakusari


Setelah sebelumnya berhasil menyelenggarakan aksi berbagi 1000 nasi bungkus untuk berbuka, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat Universitas Jember kembali mengadakan bakti sosial di bulan Ramadhan.

Kali ini dengan nama Sedekah kaget, IMM Universitas Jember berhasil membuat kaget bahagia 99 orang pemulung di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Pakusari. Acara yang digelar pada Sabtu (17/6/2017) kemarin ini merupakan hasil kerjasama antara IMM Universitas Jember dengan Lazismu Jember dan IMM Komisariat As-Syifa’ Universitas Muhammadiyah Jember.

Mengangkat tema “Transformasi gerakan humanitas di bulan Ramadhan”, IMM Universitas Jember mengadakan serangkaian kegiatan di TPSA Pakusari diantaranya cek kesehatan gratis, pembagian masker serta sosialisasi kesehatan dan pembagian paket sembako.


Dengan memberdayakan anggotanya pada disiplin ilmu kesehatan dan dibantu IMM Komisariat As-Syifa’, IMM Universitas Jember melakukan cek kesehatan meliputi tensi dan riwayat penyakit yang dialami pemulung disana. Selain itu,dilakukan pembagian masker dan sosialisasi tentang pemakaian masker. Karena dilihat dari tempat kerja mereka, hal ini sangat dibutuhkan oleh para pekerja. Namun sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang tidak mengetahui cara pemakaian dan manfaat masker sendiri bagi kesehatan mereka. Setelah kegiatan cek kesehatan, agenda dilanjutkan dengan Bakti Sosial dengan memberikan 1 paket sembako dan makanan berbuka.

Menurut Ida Yuliana Ketua Komisariat Universitas Jember, ada kesan tersendiri dengan dilakukannya bakti sosial di TPSA ini. Selain dapat sambutan positif dari koordinator TPSA Pakusari serta para pekerja, anggota IMM Universitas Jember sendiri, dapat mengetahui masih banyak tempat dimana ada banyak masyarakat yang layak mendapatkan uluran tangan.


Ida berharap dengan berlangsungnya serangkaian acara ramadhan ini oleh IMM Universitas Jember, memberi manfaat bagi banyak orang dan bisa kembali dijalankan pada tahun-tahun berikutnya. ● ida