ADVERTISEMENTS
Lazismu Jember

MDMC Jember Gelar Apel dan Simulasi Tunjukkan Kiprah Nyata

Wakil Ketua Muhammadiyah Jember, drh. Puput Rijalu menjadi Pembina Apel dalam acara
Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana oleh MDMC Jember di Lapangan Unmuh Jember
Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah Jember atau yang lebih dikenal dengan sebutan MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) pada Sabtu (28/4/2018) kemarin menyelenggarakan Apel dan Simulasi Kebencanaan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) yang jatuh setiap 26 April.

Apel dan simulasi yang dimulai sejak pukul 7 pagi ini bertempat di Lapangan Universitas Muhammadiyah Jember, dengan dihadiri Angkatan Muda Muhammadiyah seperti Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Jember, Hizbul Wathan, Mahasiswa Pecinta Alam UNMUH Jember, KOKAM Jember, Tapak Suci UNMUH Jember serta anggota LPB Muhammadiyah Jember.

Tampak hadir pula Wakil Ketua Muhammadiyah Jember, drh Puput Rijalu yang juga bertindak sebagai pembina upacara. Selain itu hadir diantara undangan Kepala Pelaksana BPBD Jember, Widi Prasetyo dan perwakilan dari KODIM Jember.

Dalam amanatnya, drh Puput Rijalu mengatakan bahwa wilayah Indonesia sebagian besar masuk dalam ring of fire, ditandai dengan banyaknya gunung berapi aktif karena Indonesia masuk ke dalam sabuk vulkanik Pasifik. Oleh karena itu, keberadaan relawan bencana dan MDMC khususnya sangat diperlukan.

"Apel ini jadi momentum kebangkitan serta kiprah Muhammadiyah dan MDMC dalam merespon bencana yang sering terjadi di Indonesia," ungkap Puput.

Sementara itu, Zulfa Agustina Ketua LPB Muhammadiyah Jember mengatakan bahwa Apel serta Simulasi ini  bertujuan menggugah semangat Muhammadiyah terutama Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) untuk peduli dalam hal kebencanaan.

Apel yang berlangsung sekitar setengah jam ini diakhiri dengan penyerahan simbolis jaket mdmc oleh Ketua LPB Jember Zulfa Agustina kepada Wakil Ketua Muhammadiyah Jember.

Acara dilanjutkan dengan simulasi kebencanaan yang diperagakan oleh MDMC Jember, MDMC Pasuruan bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Jember. Dalam simulasi ini ditampilkan mengenai vertical rescue bencana dengan mengambil tempat di gedung G UNMUH Jember, serta simulasi bencana gempa dan kebakaran. maghfur
jilbab terbaru

Post A Comment

ADVERTISEMENTS
Umroh Ramadhan 2018