Jadwal Imsakiyah dan Salat Ramadan 1445 H/2024 M Kabupaten Jember



JemberMU.com - Bulan Suci Ramadan 1445 Hijriah atau 2024 Masehi sebentar lagi akan tiba, dan kaum Muslimin sudah mulai menghitung hari untuk menyambutnya. Dalam rangka menyongsong bulan penuh berkah ini, persiapan dilakukan, termasuk menyusun jadwal salat sepanjang bulan Ramadan yang biasa dikenal dengan istilah jadwal imsakiyah.

Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Jember telah merilis Jadwal Salat Ramadan 1445 khusus untuk segenap warga Persyarikatan Muhammadiyah dan umat Islam di kabupaten Jember. Jadwal ini mencakup waktu-waktu penting seperti Tanbihun atau Imsak, awal waktu Subuh dan waktu Maghrib yang menandai berbukanya puasa.

sebagai pedoman untuk terlaksananya ibadah sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan sebagaimana petunjuk al-Qur’an. “Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman (an-Nisa’ 103). Khususnya waktu fajar sebagai tanda waktu dimulainya berpuasa dan waktu maghrib sebagai tanda waktunya berbuka (iftar).

… وَكُلُواْ وَٱشۡرَبُواْ حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَكُمُ ٱلۡخَيۡطُ ٱلۡأَبۡيَضُ مِنَ ٱلۡخَيۡطِ ٱلۡأَسۡوَدِ مِنَ ٱلۡفَجۡرِۖ ثُمَّ أَتِمُّواْ ٱلصِّيَامَ إِلَى ٱلَّيۡلِۚ …  

… dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, … (al-Baqarah 187).

Metode perhitungan menggunakan Ephemeris posisi matahari kontemporer akurat sepanjang bulan Ramadan 1445 H dengan kriteria awal bulan Wujudul Hilal Muhammadiyah. Tinggi daerah atau markas perhitungan rata-rata dipusatkan di pusat-pusat kegiatan umat Islam di masing-masing kota dan kabupaten, dengan penambahan ihtiyat 2 menit dan pembulatan 1 menit untuk setiap perhitungan lebih dari 30 detik.

Awal waktu salat Subuh dan Tanbihun / Imsak dihitung sesuai dengan Keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 734/KEP/I.0/B/2021 tentang Tanfidz Keputusan Musyawarah Nasional XXX1 Tarjih Muhammadiyah Tentang Kriteria Awal Waktu Subuh.

Bagi warga Persyarikatan Muhammadiyah Kabupaten Jember dan umat Islam pada umumnya yang ingin mendapatkan Jadwal Salat Ramadan 1445 H/2024 M, dapat mengunduh atau download pada tautan (link) dibawah ini Jadwal ini dapat dibagikan di media sosial untuk kepentingan bersama.

JADWAL IMSAKIYAH RAMADAN 1445 H - 2024 M - KABUPATEN JEMBER UNDUH DISINI

Lebih baru Lebih lama