ADVERTISEMENTS

Donasi Rohingya, Muhammadiyah Tunjuk LazisMu

donasi rohingya
Donasi Rohingya - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur mengeluarkan surat edaran tentang penggalangan dana muslim Rohingya kepada seluruh pimpinan daerah se-Jatim, surat edaran tersebut diteruskan oleh PDM Jember untuk seluruh cabang yang ada di kabupaten Jember. Kordinator penggalangan sumbangan dana Rohingya yang ditujuk adalah LazisMu - Ilustrasi, Photo: demonstrant protest, save rohingya by khaosodenglish.com via google image.
Donasi Rohingya. Sehubungan dengan tragedi krisis kemanusiaan yang terjadi di Myanmar dan menimpa sebagian besar saudara muslim etnis Rohingya, maka Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengeluarkan 8 point pernyataan sikap yang ditujukan kepada beberapa pihak termasuk secara tegas mendesak komite Hadiah Nobel agar mencabut penghargaan nobel perdamaian Aung San Suu Kyi yang kini menjabat sebagai penasihat negara Myanmar.

Tidak hanya berupa desakan dan pernyataan sikap, Muhammadiyah juga berupaya secara nyata membantu korban pengungsi Rohingya dengan mengirimkan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) untuk memberikan bantuan terhadap permasalahan konflik kemanusiaan di Myanmar bergabung dengan 11 lembaga lainnya dalam Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar (AKIM).

Aksi kemanusiaan semacam ini tentunya membutuhkan dana yang cukup besar dan tidak bisa hanya berharap pada lembaga-lembaga pemerintahan. Keterlibatan semua pihak untuk memberikan sumbangan dan donasi untuk etnis Rohingya ini dibutuhkan secara masif namun tetap akuntabel, terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Donasi Rohingya

Mengingat pentingnya aksi kemanusiaan untuk mengatasi dan memulihkan kondisi korban pengungsi akibat konflik tersebut, maka pimpinan wilayah Muhammadiyah yang mengeluarkan surat edaran kepada seluruh pimpinan daerah Muhammadiyah se Jawa Timur untuk dapat mengkoordinasikan penggalangan dana yang bersumber dari:

  1. Anggota dan simpatisan Muhammadiyah
  2. Infaq masjid pada Jum'at ke-2 bulan September 2017
  3. Amal Usaha Muhammadiyah
Donasi Rohingya ini dikoordinir oleh Lazis (Lembaga Amil Zakat Infak Sodaqoh) Muhammadiyah daerah setempat lalu disetorkan ke LazisMu PWM Jatim paling lambat 15 September 2017. Bukti setoran dikirim via email ke pwm_jatim@yahoo.com.

Rekening Donasi Rohingya

Bank Mu'amalat
No. Rekening 7710015635
a/n Lazis Muhammadiyah Jawa Timur

Bank Syariah Mandiri
No. Rekening 7039511449
a/n Lazismu PWM Jatim

atau

Bank Syariah Mandiri Jember
No. Rekening 7011867671
a/n Lazismu Jember (kemanusiaan)

Melalui surat edaran tersebut, diharapkan segenap warga, simpatisan Muhammadiyah serta ummat Islam secara umum dapat menyalurkan bantuan donasi Rohingya atas nama kemanusiaan, ikhlas lillahita'ala. Semoga Allah SwT menggantinya dengan yang lebih baik. Aamiin.  red/fhr

Post A Comment

ADVERTISEMENTS