ADVERTISEMENTS

Film Nyai Ahmad Dahlan, Jadikan Hidup Lebih Bermakna

film Nyai Ahmad Dahlan
Film Nyai Ahmad Dahlan - Menurut wakil ketua PDM Jember, Dima Akhyar, "Jadikan hidup lebih bermakna."
Gegap gempita penayangan film Nyai Ahmad Dahlan merembet ke kota Jember. Buktinya pada Sabtu (26/8/2017), ratusan warga Muhammadiyah berkumpul di Bioskop New Star Cineplex (NSC) untuk menggelar nonton bareng (nobar) bersama Lembaga Informasi dan Komunikasi Muhammadiyah Jember. Sejak pagi berbondong-bondong warga Muhammadiyah dari berbagai cabang memadati studio 2 tempat dilangsungkannya nonton bareng. Ruangan berkapasitas 133 seat itupun langsung terisi penuh.

Tampak hadir diantara para penonton wakil ketua PDM kab. Jember, Dima Akhyar dan Ketua Majelis Wakaf & Kehartabendaan, Siswo Prajitno turut serta nonton bareng. Selain itu, dihadiri pula puluhan peserta didik, guru dan karyawan dari SMK Muhammadiyah Ambulu dan SMP Muhammadiyah 15 Ambulu. Penonton lainnya yang tak kalah heboh datang dari pembina dan anak asuh Panti Asuhan Nurul Husna Patrang, perwakilan IPM dan IMM Jember serta warga Muhammadiyah lainnya.

Film Nyai Ahmad Dahlan berkisah seputar perjalanan dakwah seorang Siti Walidah, istri pendiri persyarikatan Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan yang diperankan aktris cantik berbakat, Tika Bravani. Sepanjang film dengan latar khas jogja jaman dulu, dikisahkan bahwa sejak kecil Siti Walidah berpikiran terbuka mengikuti jejak langkah keteguhan sikap dan langkah ayahnya, yakni Kyai Fadhil yang juga progresif.

Penonton sangat menikmati film yang diputar sejak pukul 08.30 WIB tersebut. Sesekali ada gelak tawa, namun tak sedikit ada pula yang 'sesenggukan' hingga menitikkan air mata membayangkan betapa beratnya perjuangan para pendahulu pendiri persyarikatan berlambang matahari bersinar ini.

Selepas pemutaran film, Dima Akhyar menyampaikan kesan mendalam bahwa film Nyai Ahmad Dahlan ini sangat menggugah dan inspiratif, "Nyai Ahmad Dahlan merupakan perempuan yang visioner, tegar dan kuat."

“Nyai Ahmad Dahlan adalah perempuan yang tak hanya mampu menuntaskan tugas domestiknya namun mampu pula menembus batas hingga peran kemasyarakatan dan kebangsaan. Sungguh layak menyandang penghargaan sebagai pahlawan nasional perempuan. Oleh karenanya, segera tonton film ini bagi siapapun yang ingin menjadikan kehidupannya lebih bermakna dan berarti,” pesan Dima penuh semangat.

Sementara itu, aktivis perempuan yang juga menjabat sebagai Bendahara PD Nasyiatul ‘Aisyiyah kabupaten Jember, Vivin Lestariningsih yang turut serta berada di bangku penonton menyatakan film ini sangat inspiratif bagi ibu-ibu muda yang saat ini berjuang di dalam persyarikatan, sehingga bisa dijadikan tauladan dalam bergerak.

Suasana nonton bareng film Nyai Ahmad Dahlan  di Bioskop New Star Cineplex Jember sesi pertama
Suasana nonton bareng film Nyai Ahmad Dahlan
di Bioskop New Star Cineplex Jember sesi pertama
Nonton bareng ini merupakan sesi pertama dari 'marathon' jadwal yang akan disusul beberapa warga persyarikatan Muhammadiyah lainnya, sore harinya disusul anak asuh dan pembina dari Panti Asuhan Budi Mulia dan Panti Asuhan Putri Sumbersari. Kemudian pada Senin pagi (28/8/2017) dilanjutkan siswa-siswi beserta guru dan karyawan SD Muhammadiyah 1 Jember lalu siang harinya diikuti anak didik SMA Muhammadiyah 3 serta sivitas Perguruan Muhammadiyah Watukebo.

Tidak tertutup kemungkinan, maraton nonton bareng film Nyai Ahmad Dahlan tidak hanya berhenti disini, mengingat antusiasme yang cukup tinggi dari warga dan simpatisan Muhammadiyah untuk belajar sejarah tentang perjuangan Nyai Ahmad Dahlan. ● maghfur

Post A Comment

ADVERTISEMENTS