ADVERTISEMENTS

'Aisyiyah Jember Adakan Pertemuan PCA Se-Jember Bahas Penemuan TB


Pada Ahad (26/3/ 2017) bertempat di Aula Gedung PDM Jember, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Jember mengadakan pertemuan antar Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) se Kabupaten Jember.

Pertemuan yang diikuti utusan dari 23 PCA tersebut merupakan pertemuan yang membahas sosialisasi tentang TB MDR (Tubercolocus Multi Drug Resistense) dan dimulai sejak pukul 8 pagi.

Tampak hadir jajaran PDA Kabupaten Jember, diantaranya Ketua PDA Menik Chumaidah, SH., M.Hum., Ir. Wiwit Widiarti, M.P., Dra. Hj. Sri Budiarti dan Tu'ini, S.Pd. Tampak hadir pula dalam acara tersebut Kepala Klinik dr. Suherman Unmuh Jember, dr. Fitriana Putri, M.Si..

Dalam pertemuan tersebut PDA Kabupaten Jember menjelaskan penemuan ‘Aisyiyah Jember adanya suspect (penderita penyakit) TB di 6 Kecamatan yaitu : Sumberbaru, Gumukmas, Semboro untuk Wilayah Barat, sedangkan Wilayah Timur diantaranya Silo, Ledokombo, serta Mumbulsari.

Dari data juga menunjukkan bahwa tim TB-HIV Care ‘Aisyiyah Jember telah mengunjungi setidaknya 2.949 rumah, dan melakukan screening terhadap masyarakat sebanyak 10.100 orang. Dari hasil tersebut didapatkan data terduga TB sebanyak 211 orang.

Ibu Menik Chumaidah dalam paparannya menjelaskan pentingnya kader ‘Aisyiyah yang masuk tim TB-HIV Care untuk aktif membantu penanganan penyebaran TB di Jember. Saat ini tercatat 40 kader aktif dan disebar pada kecamatan yang menjadi suspect.

“Kami targetkan setiap kader mendatangi 10 rumah selama 14 hari yang kami namakan gerakan ‘Ketuk Pintu’,” Ujar Dosen Unmuh Jember ini. ● h.b suwito

Post A Comment

ADVERTISEMENTS