Writing Clinic, 104 Penulis Pemula Berlatih Pada Mulyana AZ

Writing Clinic, 104 Penulis Pemula Berlatih Pada Mulyana AZ
Writing Clinic - Peserta Workshop Penulisan buku yang diselenggarakan oleh Majelis Pustaka PDM kab. Jember mendapat pelatihan langsung dari pakar kepenulisan, Mulyana AZ, Sabtu (15/10/2016).
Sabtu (15/10/2016), tidak kurang dari 104 peserta dari berbagai latar belakang dan perwakilan sekolah di lingkungan Muhammadiyah Jember asyik mengikuti pelatihan Workshop Penulisan Buku yang diselenggarakan oleh Majelis Pustaka PDM.

Sejak pagi, peserta yang rata-rata didominasi oleh para guru dan dosen tersebut mengikuti pelatihan dengan antusias. Bahkan berjam-jam berada di ruangan dingin ber-AC tidak menjadikan semangat untuk dapat menjadi penulis hebat menjadi kendur.

Terlebih dalam kegiatan workshop ini, pemateri Mulyana AZ yang juga sebagai ketua Majelis Pustaka PWM Jawa Timur tersebut bersedia memberikan "writing clinic" untuk konsep dan kerangka tulisan yang diproyeksikan dapat diterbitkan menjadi sebuah karya tulis atau buku.

Tidak main-main, Mulyana AZ memotivasi peserta bahwa kerangka tulisan tersebut diharapkan benar-benar menjadi sebuah tulisan dalam bentuk buku yang layak diterbitkan oleh penerbit ternama, seperti Erlangga dan Grafindo.

Kuncinya, Mulyana AZ memberikan rambu-rambu bahwa ide atau gagasan yang hendak kita tulis menjadi sebuah buku harus berdasar atas "passion" masing-masing. Hal ini untuk meminimalisir kejenuhan atau rasa malas dalam menulis serta mengurangi berbagai bentuk kesalahan termasuk dalam hal isi (materi) maupun sistematika penulisan.

Selain itu untuk menjadi seorang penulis hebat, referensi bacaan dan literatur harus memadai, "membaca adalah modal untuk menjadi penulis," ujar Mulyana AZ. ● fahrudin