ADVERTISEMENTS

Kajian Islam, Nasehat Sains Dalam Qur'an

Kajian Islam, Nasehat Sains Dalam Qur'an
Kajian Islam - Al-Qur'anul Kariem mengajarkan pada ummat Islam untuk terus berpikir dengan memberikan informasi tentang sains ilmu pengetahuan. foto: Baca Qur'an (Google Image)
Kajian islam, pengajian ahad pagi periode pasca lebaran hari raya idul fitri (10/07/2016) di halaman kantor PDM Jember berlangsung sangat menarik. Pemateri yang dihadirkan adalah pemikir Islam Indonesia yang sedang 'naik daun' dengan karya buku 'best-seller'-nya, Ayat-ayat Semesta, Agus Purwanto, D.Sc.

Pria yang sehari-hari beraktivitas sebagai dosen ITS Surabaya ini merupakan kader Muhammadiyah Jember, sempat aktif sebagai pengurus IPM Jember sekaligus remas masjid An-Nur Patrang.

Agus Purwanto dalam kajian islam-nya menyampaikan bahwa Qur'an merupakan kitab suci umat Islam mengandung berita dan informasi saintifik atau berbasis ilmu pengetahuan. Dimana dalam penyampaiannya al-qur'an menggunakan tiga cara, pertama secara eksplisit, kedua secara implisit dan terakhir secara simbolik.

Dan, kajian islam mengajarkan bahwan menuntut ilmu bukan semata hanya untuk kepentingan duniawi semata. Misalnya, belajar tentang tekhnik perkapalan merupakan ilmu yang mewarisi keilmuan nabi Nuh sebagai orang yang pertama kali diajarkan oleh Allah SwT membuat kapal laut. Begitupula tentang ilmu logam sebagaimana nabi Daud ahli dibidang tersebut.

Dengarkan ceramah kajian islam, klik play:


Agus Purwanto, D.Sc yang juga sebagai pendiri dan pengagas Pesantren Sains (Trensains) di Jombang dan Sragen tersebut membuka cakrawala berpikir kita tentang arti penting umat Islam untuk kembali menggali ilmu yang terdapat dalam Al-Qur'anul Karim. Salah satu kuncinya adalah dengan mempelajari (nahwu sharaf) bahasa Arab. ● red/fhr

Post A Comment

ADVERTISEMENTS