Peluang dan Motivasi Bisnis: Es Kelapa Muda Semilyar Rupiah

Peluang & Motivasi Bisnis - Siapa sangka, dengan sedikit 'sentuhan' es degan atau kelapa muda ini bisa menjadi sumber penghasilan atau bisnis yang sangat menggiurkan.
Ini cerita tentang peluang dan motivasi bisnis, sederhana tapi berpotensi nyata menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tak sedikit jumlahnya. Semilyar rupiah, bisa jadi!.

Roda-roda mobil berputar cepat di atas aspal sebuah jalan yang cukup panas. Siang itu merupakan kesempatan pertama saya dan bapak Andaka Pratama menemani pulang Prof. Imam Robandi seusai acara seminar motivasi bagi guru-guru Muhammadiyah se-kabupaten Jember.

Sepanjang waktu beliau terlihat sangat menikmati perjalanan melalui sebuah rute yang belum pernah dilalui sebelumnya. Sumberbaru, sebuah desa yang terletak di perbatasan dengan kabupaten Lumajang cukup menawarkan sebuah pemandangan yang unik dan menarik.

Beberapa kali beliau tampak mencoba mengambil gambar seorang pengendara sepeda motor yang membawa beberapa tandan pisang gepok yang cukup besar dan 'cantik'. Kecantikan yang sayang jika dinikmati sendiri (sebagai tantangan peluang dan motivasi bisnis) sehingga beliau berusaha berbagi kekagumannya dengan seluruh keluarga di Grup WA IRo-Link miliknya.

Tak lama kemudian beliau meminta kami untuk menghentikan mobil.

"Stop...stop.. bisa nggak kita putar balik?, Sepertinya saya melihat penjual es degan (kelapa muda) di sisi kanan tadi," pintanya.

Singkat cerita kami berhenti dan menikmati es degan segar yang rupanya sangat diinginkan beliau sejak tadi. Sambil menikmati kesegaran degan yang diminumnya langsung di batok kelapa, beliau tak henti mengagumi rasa dan kualitasnya.

"Sulit mendapatkan kualitas degan yang seperti ini di Surabaya," ujarnya.

"Tahu nggak jika degan yang kita minum itu bisa menghasilkan omzet hingga miyaran rupiah," lanjutnya.

Sesampainya di Surabaya, kami ditunjukkan di salah satu dari beberapa tempat dimana degan atau kelapa muda menjadi produk yang paling dicari sepanjang bulan Ramadhan.

Degan semilyar rupiah telah mengajarkan kepada kita bahwa kesuksesan tidak selalu bergantung kepada produk, akan tetapi tentang bagaimana kemampuan membaca pasar serta kecerdasan memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya.

Semoga motivasi bisnis ini bermanfaat. Berani mencoba tantangan dan peluang bisnis es kelapa muda?. ● Sony Bakhtiar