Antusias, Ratusan Guru Muhammadiyah Mengikuti Seminar Profesor Imam Robandi

Seminar pendidikan peningkatan kualitas guru Muhammadiyah
Seminar Pendidikan - Ratusan guru tenaga pendidik Muhammadiyah antusias menerima materi seminar motivasi dari Prof. Dr. Ir. Imam Robandi, MT di Aula Ahmad Zainuri Unmuh Jember, Sabtu 1 Oktober 2016.
Pendidikan merupakan salah satu pilar gerakan Muhammadiyah selain kesehatan dan kemandirian ekonomi. Dan, salah satu upaya mewujudkan pencerahan melalui dunia pendidikan adalah dengan meningkatkan kinerja tenaga pendidik termasuk guru Muhammadiyah yang mengabdi pada amal usaha mulai tingkat usia dini, dasar, menengah hingga atas.

Sabtu, 1 Oktober 2016, bertempat di Gedung Aula Ahmad Zainuri Universitas Muhammadiyah Jember, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammdiyah kabupaten Jember menyelenggarakan seminar pendidikan yang bertajuk "Motivasi Peningkatan Kinerja Guru".

Seminar yang bernuansa seperti layaknya training motivasi tersebut menghadirkan sang maestro pendidikan, Prof. Dr. Ir. Imam Robandi, MT. Meski telah berulang kali hadir ditengah-tengah guru Muhammadiyah Jember, Prof. Imam tetap memiliki "magnet" daya tarik luar biasa bagi tenaga pendidik. Hal itu dikarenakan setiap kehadirannya selalu mampu membuka cakrawala berpikir peserta seminar melalui gagasan kreatif dengan gaya penyampaian yang penuh energi.

Seminar semacam ini sangat dibutuhkan oleh para guru Muhammadiyah untuk mencegah stagnasi. "Zona nyaman itu menjebak," pesan DR. M. Hazmi Rektor Unmuh Jember dalam sambutannya.

Menurut penilaian Prof. Imam Robandi, sekolah-sekolah dan pendidikan Muhammadiyah mengalami trend ketertinggalan dibeberapa tempat karena disebabkan oleh 2 hal, diantaranya adalah:

  1. Tenaga pendidik (guru) didalamnya mengalami gejala "adem ayem", kurang fight.
  2. Tidak sedikit dari para pendidik sekolah muhammadiyah juga warga Muhammadiyah sudah merasa besar, padahal mereka yang kecil justru lincah karena merasa masih kecil.
Wawasan yang diberikan oleh profesor dari ITS bidang studi "Teknik Sistem Tenaga" ini diharapkan mampu menggugah kesadaran para guru-guru Muhammadiyah untuk segera beranjak dari zona nyaman. "Besar hanya menjadikan seperti gajah yang tidak lincah dan mudah dipecah," tutup Idris Mahmudi selaku anggota Majelis Dikdasmen PDM Jember. ● Idris M