ADVERTISEMENTS

Mahasiswa Thailand Ikuti Training LKMM Unmuh di Cakru Jember

Mahasiswa Thailand Ikuti Training LKMM Unmuh di Cakru Jember
Mahasiswi Thailand - Mahasiswa/i asal Thailand antusias mengikuti kegiatan training LKMM Unmuh Jember di Cakru (22-23/10/2016).
Pelatihan LKMM Unmuh Jember kali ini terasa berbeda dari sebelum-sebelumnya. Hal itu dikarenakan 12 orang dari total peserta sebanyak 58 mahasiswa Univesitas Muhammadiyah Jember merupakan asal negeri gajah putih Thailand.

Selama dua hari peserta mendapatkan materi dari instruktur yang dikomandani oleh Imam Training Idris Mahmudi, Amd.Kep., M.Pd.I. Selama itu pula peserta telah melaksanakan kegiatan sholat tahajud bersama pada Jum'at dan Sabtu dini hari.

Momen sholat tahajud bersama dalam rangkaian kegiatan tersebut yang dilaksanakan di Masjid Komplek Perguruan Muhammadiyah Cakru Kencong menjadi spesial karena dilanjutkan dengan 'fathul qulub'. Hampir semua mahasiswa yang menjadi peserta merasakan jika 'fathul qulub' merupakan pengalaman berbeda dari kegiatan yang pernah diikuti sebelumnya.

"Sholat tahajud ini merupakan upaya panitia dalam membentuk karakter pemimpin-pemimpin Islami di masa depan dari generasi mahasiswa. Gerakan ini selaras dengan visi Unmuh Jember sebagai Perguruan Tinggi yang unggul dalam Iptek bernafaskan nilai-nilai Islam," terang Idris Mahmudi selaku dosen sekaligus Imam training.

Adanya sholat lail dan 'fathul qulub' adalah upaya melahirkan generasi masa depan yg hatinya selalu berpusat pada Tuhan Allah SwT. Itulah yang sudah mulai langka pada zaman seperti sekarang ini, oleh karena itu banyak kejahatan dan korupsi menimpa negeri ini.

Negerinya kaya dan subur, pemimpin-pemimpinnya hebat, namun miskin nilai spiritualitas. Alumni pelatihan LKMM semacam inilah yang diharapkan dapat mengisi ruang kosong tersebut.

Selain itu, penyampaian kultum setiap selesai sholat fardlu merupakan sarana pembelajaran bagi mahasiswa untuk melahirkan dai dan daiyyah yang juga mulai sulit dijumpai di Muhammadiyah.

Nasuhah Cheming sebagai salah satu peserta mahasiswi Thailand mengungkapkan perasaannya, "Saya sangat senang dan bahagia bisa ikut tahajud berjamaah, apalagi dengan fathul qulub yang sangat menyentuh hati. Sebenarnya saya sering bertahajud, namun kalau berjamaah baru kali ini saat LKMM yang diadakan unmuh."

"Saya makin bersemangat dan jadi terkesan dengan Indonesia," imbuhnya. ● Idris M.

Post A Comment

ADVERTISEMENTS