Malam Minggu Di Rembangan, Ibu-ibu Aisyiyah 'Ngaji' Muhammadiyah

Malam Minggu Di Rembangan, Ibu-ibu Aisyiyah 'Ngaji' Kemuhammadiyahan
Ideologi Muhammadiyah - Baitul Arqam Pimpinan Daerah Aisyiyah Bondowoso, Sabtu-Ahad (15-16/10/2016)
Ngaji Muhammadiyah. Sabtu (15/10/2016), Wakil Ketua PDM Jember, Drs. H. Ali Fauzi memberikan ceramah materi kemuhammadiyahan pada acara Baitul Arqam oleh Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Bondowoso di Villa Afdeling Rayap Rembangan Jember.

Kegiatan 'pengasahan ideologis' yang mengambil tema "Peningkatan Kader 'Aisyiyah Dalam Membangun Kualitas Peran dan Ideologi Muhammadiyah" tersebut diikuti tidak kurang dari 50 orang anggota PDA dan PCM se-kabupaten Bondowoso.

Dalam susunan acara yang tertera, kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari, 15-16 Oktober 2016 dengan serangkaian pemateri termasuk dari Pimpinan Daerah Muhammdiyah Bondowoso dan Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah Jawa Timur.

Dalam pemaparan materinya, Ustadz Ali Fauzi mengambil bahasan penguatan ideologi Muhammadiyah. Disinggung oleh beliau bahwa warga persyarikatan, terutama pimpinan Muhammadiyah wajib memahami Muhammadiyah secara utuh dari 6 aspek, diantaranya Muhammadiyah secara maknawiyah, secara Historis, Ideologi, teori perjuangan, organisasi serta Muhammadiyah melalui Amal Usahanya.

Lebih lanjut, ustadz asli Lamongan ini menjelaskan tentang Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup (MKCH) Muhammadiyah. Dalam MKCH disebutkan bahwa ada 3 pokok persoalan bahasan, yaitu Ideologi Muhammadiyah, Paham Agama menurut Muhammadiyah serta Fungsi & Misi Muhammadiyah dalam masyarakat negara Pancasila dan UUD 1945.

Pada sesi diskusi, meski waktu cukup larut, ibu-ibu 'Aisyiyah tampak tetap bergairah untuk menyampaikan beberapa pertanyaan seputar ideologi Muhammadiyah. Acara diakhiri tepat pukul 22.30 dengan pemberian cinderamata dari PD 'Aisyiyah Bondowoso kepada Ustadz Ali Fauzi. ● Maghfur