Nobar Film "The Flat Earth", Awal Kebangkitan IPM Jember Kota

Nonton bareng film saintifik The Flat Earth diselenggarakan untuk siswa-siswi keluarga muhammadiyah wilayah jember kota, sabtu 17 September 2016 di Aula kantor PDM Jember.
Selama ini jika berbicara tentang Ikatan Pelajar Muhammadiyah, maka akan merujuk pada kantong-kantong kaderisasi yang ada di cabang dan ranting sekolah muhammadiyah. Hal ini menjadi sebuah kegelisahan tersendiri khususnya bagi alumni-alumni IPM yang dulu bersekolah diluar sekolah muhammadiyah.

Dipelopori oleh mantan ketua IPM Jember yang kini juga menjadi salah satu wakil ketua PDM Jember, Dima Akhyar, diselenggarakanlah kegiatan nobar (nonton bareng) film "The Flat Earth" pada Sabtu, 17 September 2016, pukul 18.30 WIB di Aula Gedung PDM Jember. Kegiatan nobar ini sengaja ditujukan untuk kader putra-putri sekolah non-muhammadiyah yang berdomisili di kawasan Jember kota.

Menurut Dima, kegiatan ini sungguh melebihi ekspektasi sebelumnya. Target awal hanya disediakan 50 kursi, ternyata jumlah pendaftar mencapai 64 siswa-siswi yang tersebar di berbagai sekolah negeri tingkat SMP dan SMA.

"Alhamdulillah, semoga ini awal yang baik untuk bangkitnya IPM di Jember kota," imbuh drh. Puput Ridjalu wakil ketua PDM Jember yang juga merupakan alumni IPM tahun 80an.

Nobar film saintifik yang dilanjutkan dengan diskusi dipandu oleh narasumber Dr. HM. Taufiq Aulia dan Ustadz Saifur Rohman tersebut diikuti oleh peserta dengan penuh antusias. Bahkan ketika acara telah berakhir sekalipun masih ada beberapa siswa-siswi dari SMA Negeri 1 Jember yang mengajak narasumber untuk berdiskusi.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama beberapa pihak, panitia dari PD IPM kabupaten Jember, beberapa alumni IPM, Lazismu Jember, Senyum Media Toko ATK dan pihak lain yang turut membantu.

Tidak berhenti hanya pada acara nobar ini saja, ternyata para alumni IPM telah menyiapkan RTL atau 'follow up' yang rencananya diselenggarakan pada bulan Oktober dan akan diisi oleh beberapa narasumber yang tidak kalah menarik, antara lain:
  • Ustd. DR. Yuni Khusaeri, alumni IPM '90, Dosen Univ. Paramadina Jakarta;
  • Ustd. Festa Yumpi, SPsi, MSi, alumni IPM '84, Dosen Unmuh Jember,
Kegiatan tindak lanjut 'follow-up' bulan Nopember 2016, narasumber:
  • DR. Kahar Muzakar, alumni IPM '86, Dosen Univ. Jember;
  • Dr. Erfan, SP Anestesi, Alumni IPM '85, Alumni FK UNAIR, Dosen UNEJ,
Dan, kegiatan tindak lanjut pada bulan Desember 2016, narasumbernya adalah:
  • DR. Agus Purwanto, Inisiator Trensains, Dosen ITS.

"Mohon doanya, semoga agenda kegiatan tindak lanjut ini berjalan sesuai dengan rencana dan menjadi awal kebangkitan IPM Jember dan kejayaan Muhammadiyah," imbuh drh. Puput. ● Dima A.