Pembentukan karakter anak adalah sinergi keluarga dan sekolah

Pengajian ahad istimewa di SMK Muhammadiyah Patrang Jember oleh ustadz H. Kusno, S.Ag, M.PdI
Pengajian ahad istimewa di SMK Muhammadiyah Patrang Jember oleh ustadz H. Kusno, S.Ag, M.PdI
Ahad, 31 Juli 2016 bertempat di Aula SMK Muhammadiyah Patrang Jember diselenggarakan pengajian Ahad Pagi Istimewa dengan narasumber bapak Ust. H. Kusno, S.Ag, M.PdI. Kajian Islam ini dihadiri oleh siswa beserta wali siswa juga warga Muhammadiyah dan Aisyiyah di lingkungan cabang Patrang.

Dalam pengajian yang juga dihadiri oleh ketua PCM Patrang, bpk. Abdul Ghofur tersebut, ust. Kusno memberikan tausiyah seputar pembentukan karakter agar anak menjadi putra putri sholeh sholehah. Menurutnya, tugas mendidik anak adalah peran orang tua, termasuk dalam hal memilih sekolah.

Ust. Kusno menuturkan bahwa memilih sekolah untuk anak oleh orang tua adalah penting adanya, mengngat sekolah memiliki peran penting dalam membantu orang tua untuk membentuk karakter agar siswa menjadi manusia pilihan soleh dan solehah.

Namun Ust. Kusno menambahkan, jika upaya yang telah dilakukan oleh orang tua beserta sekolah telah maksimal namun masih saja karakter anak jauh dari harapan, maka orang tua telah terlepas kewajiban.

Dan yang terpenting, Ust. Kusno mengingatkan bahwa dalam mendidikan anak harus ada kekompakan dalam rumah tangga. Contohnya seperti halnya dalam menghadiri Majelis Taklim Ahad Istimewa yang diselenggarakan oleh SMKM Patrang tersebut, diharapkan ayah ibu dan anak secara keseluruhan dapat menghadiri. Wallahu a'lam. (*)


foto & liputan Bu Nurul

Post A Comment

ADVERTISEMENTS