Didik Siswa Lebih Peduli, SMK Muhammadiyah Patrang Adakan Baksos

Bakti sosial siswa siswi SMK Muhammadiyah Patrang pada 100 orang duafa
Bakti sosial siswa siswi SMK Muhammadiyah Patrang pada 100 orang duafa
Bulan Ramadhan merupakan sebuah momentum bagi umat Islam untuk meningkatkan kualitas diri. Begitupula SMK Muhammadiyah Patrang menjadikan momen puasa Ramadhan kali ini untuk meningkatkan karakter siswa-siswinya.

Didahului dengan kegiatan semacam pondok ramadhan yang diberi nama "Darul Arqam" (DA), siswa siswi mendapatkan beberapa materi pencerahan seputar agama, aqidah dan pengetahuan lainnya. Termasuk materi kemandirian ekonomi atau kewirausahaan juga diberikan pada oleh tokoh saudagar muhammadiyah jember, bapak Kholid Asyari.

Setelah rangkaian acara DA usai, siswa-siswi melanjutkan kegiatan dengan mengasah kepedulian terhadap sesama melalui kegiatan baksos atau bakti sosial untuk 100 orang dhuafa serta dilengkapi dengan periksa kesehatan gratis meliputi cek tekanan darah dan gula darah.

Adapun sumber dana dari kegiatan bakti sosial ini berasal dari berbagai pihak diantaranya, siswa atau IPM ranting SMK, pihak sekolah, sumbangan guru-guru, bantuan dari donatur, Lazismu Jember, Unmuh Jember, Pimpinan Cabang Aisyiyah Patrang, PCM Patrang serta warga sekitar sekolah yang memiliki kemampuan lebih.

Sebelum pembagian paket bantuan, para dhuafa yang telah mendapatkan kupon mendapatkan tausiyah dari ketua PCM Patrang, Drs. Abdul Ghafur, M.Pd. Tausiyah ini bertujuan untuk memberikan pencerahan agar kehidupan di dunia maupun akhirat menjadi lebih baik sesuai dengan anjuran agama.

"Kami bangga pada siswa-siswi yang telah melakukan kegiatan baksos gembira serta tak lupa menyampaikan kepada donatur maupun semua pihak yang telah berpartisipasi terselenggaranya baksos SMK Muhammadiyah Patrang tahun ini", pungkas ibu Nurul selaku kepala sekolah. (*)


foto & liputan N. Qomariah