MDMC Jember dan TK ABA 3 Berkolaborasi dalam Sosialisasi Kebencanaan untuk Anak Usia Dini

MDMC Jember dan TK ABA 3 Berkolaborasi dalam Sosialisasi Kebencanaan untuk Anak Usia Dini (Fahri/JemberMu.com)


JemberMU.com - MDMC Jember berkolaborasi dengan TK ABA 3 Sumbersari, Jember, dalam menyelenggarakan sosialisasi dan simulasi kebencanaan. Acara yang berlangsung pada tanggal 8 Maret 2024 ini dipandu oleh Ketua MDMC Jember, saudara Farud, S.Pd, bersama dengan tim pendukung, termasuk Gayuh, Fuad, Shabrila, Sahir, Rifki, dan Nita.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini mencakup penyelamatan diri saat terjadi banjir dan gempa bumi, diakhiri dengan simulasi gempa bumi. Farud, Shabrila, dan Nita bertindak sebagai pemateri yang menyampaikan materi dengan menggunakan video interaktif, khususnya merinci cara mengatasi bencana banjir dan gempa bumi untuk anak-anak usia dini.

"Keterlibatan peran guru sangat diperlukan dalam mendampingi murid saat simulasi bencana, karena guru berperan sebagai pemimpin bagi murid-muridnya untuk dapat menyelamatkan diri saat terjadi gempa," ungkap Farud, S.Pd, ketua MDMC Jember.

 Sosialisasi Kebencanaan untuk Anak Usia Dini oleh MDMC Jember (Fahri/JemberMU.com)

Indah Yuli W, S.Pd, guru kelas TK B, juga berbagi kesan positif terkait kegiatan tersebut, "Kegiatan pagi hari ini sangat berkesan bagi anak didik kami. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut." Ia melanjutkan, "Ini menjadi pembelajaran baru bagi anak-anak, sehingga mereka mengetahui langkah-langkah yang harus diambil ketika terjadi gempa bumi."

Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan praktis tentang kebencanaan kepada anak-anak, tetapi juga menekankan peran penting guru sebagai pemimpin dalam situasi darurat. Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan anak-anak usia dini dalam menghadapi potensi bencana di masa depan.





Penulis : Khoirul Fahri Arrijal, S.Ked.

Lebih baru Lebih lama