Sosialisasi Stunting dan Pola Hidup Bersih dan Sehat: Sinergi Unmuh Jember dengan Desa Panduman


Sosialisasi Stunting dan Pola Hidup Bersih dan Sehat: Sinergi Unmuh Jember dengan
Desa Panduman (Humas Unmuh Jember)


Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) dan Desa Panduman, Kabupaten Jember, menjalin kerjasama untuk menggelar kegiatan sosialisasi tentang stunting dan pola hidup bersih dan sehat pada Rabu (18/10/2023) di Desa Panduman.

Kegiatan ini menyoroti kekurangan dalam infrastruktur sanitasi, terutama terkait penampungan septic tank yang belum memenuhi standar jarak yang aman dari penampungan air. Fokus utama adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat Desa Panduman tentang pentingnya menjaga kebersihan hidup dan menerapkan pola hidup sehat.

Inisiatif ini diambil karena masih terbatasnya edukasi terkait masalah stunting dan kebersihan hidup di Desa Panduman. Faktanya, banyaknya penampungan septic tank yang masih berjarak kurang dari 10 meter dari tempat penampungan air menjadi indikator bahwa pemahaman dan praktik terkait sanitasi dan kesehatan masih perlu ditingkatkan di lingkungan tersebut. Sosialisasi ini bukan hanya sebagai upaya memberikan informasi, tetapi juga sebagai tindakan nyata dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Pemateri sosialisasi Stunting dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (Humas Unmuh Jember)

Kegiatan ini merupakan bagian dari Mata Kuliah Wajib Kurikulum (WKWK) universitas dan dipimpin oleh tim yang terdiri dari Dr. Lady Agustina, M.Pd, Dr. Emy Kholifah, M.Pd, Dr. Haris Hermawan, MM, Wiwik Suharso, S.kom, M.Kom, dan Syahrul Mubaroq, M.Pd. Mahasiswa semester satu Ilmu Pemerintahan Unmuh Jember aktif terlibat dalam sosialisasi ini, dengan bimbingan dari dosen seperti Dr. Ali Usman M.Pd., Edhi Siswanto, dan Dr. Lady Agustina M.Pd.

Partisipasi mahasiswa diharapkan tidak hanya memberikan edukasi tentang pentingnya mencegah stunting dan menjaga pola hidup bersih dan sehat di Desa Panduman, tetapi juga menjadi bentuk pembelajaran praktis bagi mahasiswa tersebut dan diharapkan dapat menjadi pembelajaran berharga, mengasah keterampilan praktis mereka dalam berinteraksi dengan masyarakat dan menerapkan teori yang dipelajari di kelas ke dalam situasi kehidupan nyata.

Pemaparan sosialisasi di Desa Panduman  (Humas Unmuh Jember)


Dengan kolaborasi antara perguruan tinggi dan masyarakat, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang lebih sehat dan teredukasi. Selain itu, kegiatan ini juga memperkuat peran universitas dalam memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, sekaligus membentuk keterampilan dan pemahaman mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang mereka pelajari di lapangan.

Lebih baru Lebih lama