Peran Strategis UMP dalam Program GIP 111 Pada Milad Muhammadiyah



Persyarikatan Muhammadiyah merayakan ulang tahunnya yang ke-111 pada 18 November 2023 lalu. Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), sebagai salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), turut serta dalam memeriahkan perayaan milad tersebut dengan menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM). Acara ini berlangsung di Aula Dardiri pada Sabtu, 18 November 2023.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerja Sama, Saefurrohman, Ph.D., Wakil Rektor II Bidang Keuangan, Sarana Prasarana dan Sumber Daya Manusia, Sulistyani Budiningsih, S.P., M.P., dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Al Islam Kemuhamadiyahan, Drs. Ikhsan Mujahid, M.Si., menjadi tamu undangan dari UMP yang hadir dalam acara tersebut.

Ketua Umum PDM, Drs. H.M. Djohar, M.Pd., menyampaikan bahwa Milad ke-111 Muhammadiyah ini menandai peluncuran program Gerakan Infak Pendidikan 111 (GIP 111) sebagai bentuk apresiasi terhadap perjuangan Muhammadiyah di bidang pendidikan.

“Tujuan utama dari program GIP 111 adalah melakukan revitalisasi dan percepatan pembangunan sarana serta prasarana lembaga pendidikan yang sangat mendesak. Program ini juga memberikan subsidi atau gaji guru di daerah miskin, terpencil, atau lembaga pendidikan yang lemah. Selain itu, GIP 111 bertujuan mempercepat peningkatan daya saing dan pembangunan pusat keunggulan," jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan sarasehan yang mengusung tema "Ikhtiar Menyelamatkan Semesta," dihadiri oleh tiga narasumber, yakni Prof. Dr. H.M. Dailamy, S.P., Dr. Ibnu Hasan, M.Si., dan Dr. Ali Rahman.

Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso, menyampaikan rasa bangganya karena UMP dapat menjadi bagian dari perayaan Milad Muhammadiyah ke-111.

“Melalui program GIP 111 dan kolaborasi yang terus diperkuat, kami berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata dalam memajukan dunia pendidikan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Kami berharap Muhammadiyah tetap menjadi pilar kebaikan dan keberkahan bagi bangsa ini," ungkapnya.

Lebih baru Lebih lama