Mahasiswa Psikologi Unmuh Jember Raih Juara 2 Lomba Poster Nasional: "Panic Attack" Menyuarakan Kesehatan Mental



Mahasiswa Psikologi dari Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) meraih juara kedua dalam lomba poster nasional yang diselenggarakan secara daring oleh Ruang Lomba Nasional. Lomba ini memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui seni visual. Ajang ini berlangsung pada tanggal 21-30 Oktober 2023 dan diikuti oleh mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Tim terdiri dari tujuh mahasiswa semester tiga jurusan Psikologi, yaitu Tesa Zuhrania, Dayu Arya Praditya, Wafiq Ramadiana Amanda, Annisa Fitria Marshanda, Salma Khoirunnisa S, Amelia Dwi Putri Wahyuni, Aulia Yasmin, dan Firnanda Dihan.

Salma Khoirunnisa S, salah satu anggota tim, menyampaikan bahwa ide untuk mengikuti lomba bermula dari tugas luaran mata kuliah Kesehatan Mental. Setelah menemukan informasi tentang Ruang Lomba Nasional di Instagram, mereka memutuskan untuk mendaftar.

"Berawal dari tugas luaran berupa poster dari mata kuliah kesehatan mental kemudian hasil posternya disuruh dilombakan, dan kami mencari informasi dari Instagram, lalu menemukan lomba yang diadakan oleh Ruang Lomba Nasional," ungkap Salma pada tanggal 18 November 2023.

Partisipasi dalam lomba ini awalnya hanya sebagai tugas mata kuliah Kesehatan Mental. Namun, tim berhasil mengembangkan ide tersebut menjadi karya poster yang mencerminkan tema "What I Wish People Knew About Mental Health" dengan judul "Panic Attack." Mereka berhasil menggambarkan kesehatan mental sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Tim menjelaskan bahwa mereka memilih topik ini karena banyak mahasiswa Unmuh Jember yang mengalami kecemasan. Melalui karya mereka, mereka ingin memberikan edukasi mengenai masalah kesehatan mental.

"Karena temanya kesehatan mental dan dari hasil wawancara pada beberapa mahasiswa Jember yang kami lakukan, ditemukan bahwa kebanyakan mahasiswa mengalami kecemasan," tambahnya.

Meskipun persiapannya singkat, tim mahasiswa psikologi Unmuh Jember berhasil mengatasi kendala tersebut dengan referensi dan bahan yang mereka miliki. Poster mereka berhasil menarik perhatian dan efektif menyampaikan pesan tentang pentingnya menjaga kesehatan mental.

Prestasi ini bukan hanya kebanggaan bagi mahasiswa Psikologi Unmuh Jember, tetapi juga menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk mengeksplorasi kreativitas mereka dan mengambil bagian dalam berbagai kompetisi yang dapat memperluas wawasan dan pengalaman mereka.

Lebih baru Lebih lama