Kolaborasi Antara Geografi UMP dan Belanda untuk Program Pemberdayaan Masyarakat Adat di Papua New Guinea




Program Studi Pendidikan Geografi dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terus memperkuat hubungan internasionalnya melalui kemitraan dengan People’s Planet Project (PPP). Mereka bersama-sama dengan masyarakat adat Lavongai di Papua New Guinea mengimplementasikan GeoStory Camp sebagai bagian dari inisiatif pemberdayaan yang bertajuk "Empowering Indigenous Coastal Community Against Disaster through Geospatial Data".

Dr. Anang Widhi Nirwansyah, M.Sc., Kapordi Pendidikan Geografi FKIP UMP, menyatakan bahwa program ini didanai oleh lembaga donor internasional dengan tujuan membangun kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana pesisir dengan memanfaatkan teknologi geospasial.

“Kegiatan ini berlangsung dari pertengahan November hingga Desember 2023 dan melibatkan Geografi UMP, PPP, serta komunitas lokal di Keviang, Papua New Guinea. Program ini menjadi langkah strategis dalam upaya internasionalisasi Program Studi Pendidikan Geografi UMP, terutama dalam riset kebencanaan di kawasan Asia-Pasifik,” ungkapnya saat diwawancarai di Purwokerto, Kamis (16/11/2023).

Dr. Anang berharap kerjasama ini akan menghasilkan tulisan-tulisan ilmiah yang dapat dipublikasikan di jurnal internasional.

“Kami berharap program ini menjadi langkah awal yang positif dalam membangun kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat di kepulauan Pasifik,” tambahnya.

Prodi Geografi menunjukkan komitmen tinggi untuk berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan pemberdayaan masyarakat, tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga di tingkat internasional.

“Kerjasama ini dengan masyarakat adat di Papua New Guinea adalah bukti nyata dari komitmen ini, serta menunjukkan peran penting geografi dalam mengatasi tantangan global seperti bencana pesisir,” tandasnya.

Lebih baru Lebih lama