KOLABORASI AKSI KEMANUSIAAN MUHAMMADIYAH JEMBER GUNA ATASI KEKERINGAN


Foto bersama tim Aksi Kemanusiaan Muhammadiyah Jember (Khoirul Fahri/JEMBERMU)

Aksi Kemanusiaan Muhammadiyah Jember untuk mengatasi kekeringan di Desa Plalangan, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember berdasarkan pada prakiraan cuaca BMKG Juanda, puncak musim kemarau akan terjadi selama bulan Agustus hingga akhir bulan Oktober. Serta berdasarkan assesmen yang dilakukan BPBD Jember pada tanggal 19 Agustus 2023, ditemukan mengecilnya sumber mata air baik sumur dan sungai akibat musim kemarau sehingga warga kesulitan air bersih. Maka Moh. Agus Shofarudin S.Pd biasa di panggil Farud salah satu pengurus MDMC Jember mengambil gerak cepat untuk atasi kekeringan ini, dan berkolaborasi bersama Lazismu Jember, MPKU PDM Jember dan RSU UM Jember. 
drh. Puput Rijalu (yang memegang selang) membuka acara Aksi Kemanusiaan dengan simbolis yaitu mengisi air pada ember warga (Khoirul Fahri/JEMBERMU)


Tim RSU UM Jember melakukan pemeriksaan kesehatan gratis(Khoirul Fahri/JEMBERMU)


Kegiatan ini dikomando langsung oleh Andika Gayuh yang dilaksanakan pada siang hari (15/9/2023) di Dusun Krajan, Desa Plalangan, Kec. Kalisat, Kab. Jember dengan membagikan air bersih sebanyak 5000 Liter dan pemeriksaan kesehatan gratis oleh Tim MPKU PDM Jember dan RSU Unmuh Jember. Adapun instansi yang terlibat terdiri dari BPBD Kab. Jember, Relawan 3/4 Kalisat, PDAM Jember, MDMC Jember, RSU Unmuh Jember, Lazismu Jember, Bhabinkamtibmas Desa Plalangan Polsek Kalisat (Aipda Yudhi Haryanto) dan Perangkat Desa Plalangan. Layanan yang diberikan dalam kegiatan ini dapat dinikmati oleh 247 KK penerima bantuan air bersih gratis dan 24 orang lansia penerima bantuan pemeriksaan kesehatan gratis. 


Tim MDMC Jember mengisi tandon air di wilayah Desa Plalangan (Khoirul Fahri/JEMBERMU)

Aipda Yudhi Haryanto selaku Bhabinkamtibmas desa Plalangan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dari Muhammadiyah Jember, "Semoga pemberian air bersih dan pemeriksaan kesehatan gratis yang diberikan, diterima oleh Allah," Beliau mengimbau pada masyarakat setempat, apabila ada keluhan kesehatan, bisa diperiksakan ke tim RSU Unmuh Jember.    


Penulis: Khoirul Fahri Arrijal, S.Ked 

Lebih baru Lebih lama