Sejarah dan 7 Pelopor SMPM 16 Tempurejo, Jember!

 
SMPM 16 Tempurejo, berlokasi di Dusun. Kraton, Desa Wonoasri, Kec. Tempurejo, Kab. Jember. Sekolah ini baru melaksanakan aktivitas KBM pada tahun pelajaran 2023/2024. 

Setelah peletakan baru pertama pada tanggal 16 Oktober 2022 tahun lalu Ketua PDM saat itu  KH. Kusno, S.Ag. M.Pd.I, proses pembangunan dan perencanaan terus digalakkan oleh PCM setempat, dimulai dari penggalangan dana untuk ruang kelas, penunjukan kepala sekolah dan proses PPDB. 

Rapat ke rapat diselenggarakan, seluruh lapisan warga Muhammadiyah mulai dari PCM & PCA setempat, PRM/PRA Kraton dan beberapa tokoh serta kader setempat bahu membahu agar di Cabang Tempurejo bisa berdiri sekolah setingkat SMP setelah sebelumnya sudah berdiri setingkat TK dan MI. 

Harapan dan cita-cita besar itu ternyata Allah wujudkan dan mudahkan,  dua lokal ruang kelas berdiri dengan bantuan warga sekitar yang patungan dana dan bahan bangunan lainnya hingga diresmikan oleh ketua PDM yang baru periode 2023-2027 Prof.Dr. Aminullah Elhady M.Ag. pada tanggal 29 April 2023. Yang menambah semangat para pimpinan yaitu tanah di sebelah barat sekolah bisa dibebaskan dengan sistem tukar guling dengan sawah milik persyarikatan Muhammadiyah setempat tentu semuanya atas izin Allah yang wajib disyukuri. 

Kesyukuran itu bertambah lagi dengan kepercayaan dari calon wali murid yang ikhlas dan percaya untuk menitipkan buah hatinya di SMPM 16 bahkan 3 diantaranya di asramakan. di tahun perdana ini, tahun ajaran 2023/2024 siswa dan siswi yang mendaftarkan diri berjumlah total 7 anak. 6 berjenis kelamin perempuan dan hanya 1 laki-laki. 



Berikut nama-nama 7 Pelopor di SMPM 16 Tempurejo yang layak untuk diabadikan dalam tinta emas sejarah Muhammadiyah setempat : 

1. Airin Asti Kusuma 
2. Aulia Nur Aisyah
3. Cinta Caliviano A
4. Chacha Khoirunnisa
5. Erna Sawah Susilowati 
6. Hati Putri Andriani
7. Ilham Syaputra 

Adapun nama pengajar dan dewan guru di tahun perdana : 

1. Mulyadi, S.Pd.I. (B. Indonesia sekaligus Kepala Sekolah) 
2. Imam Syukur ( PAI & BTA) 
3. Zaenal, S.Pd. (PKN) 
4. Abdul Hamid (MTK & IPA, sekaligus Operator) 
5. Endang Wijiastuti, S.Pd. ( IPS & Bendahara Sekolah) 
6. Mochamad Yusuf, S.Pd. (B. Inggris) 
7. Vicky Akbar Hidayat (PJOK) 
8. Feri Adi Irawan ( TIK) 
9. Fauriza Atim Amrulla ( Seni Budaya) 
10. Nurahmat, S.Pd. ( B. Daerah) 
11. Adi Setiawan, S.Ag. ( B. Arab) 
12. Drs. Darudi ( Kemuhammadiyahan) 
13. Ustadzah Nikma (Pengelola Asrama) 
14. Ustadzah Ninis ( Pengelola Asrama) 
15. Ustadzah Dinda (Pengelola Asrama) 

Besar harapan, semoga SMPM 16 Tempurejo kedepannya bisa lebih maju dan berkembang baik dari sisi kualitas maupun kuantitas, melahirkan lulusan yang bermanfaat luas bagi Agama dan Bangsa. Aamiin *

Adi Setiawan
Guru SMPM 16 Tempurejo
Lebih baru Lebih lama