ADVERTISEMENTS
Lazismu Jember

PP Muhammadiyah Gelar Temu Nasional Warganet di Yogyakarta

Peserta Temu Nasional Warganet Muhammadiyah se-Indonesia serius mendengarkan paparan pemateri
di LPMP Kalasan Yogyakarta selama 2 hari
Bertempat di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Yogyakarta di kawasan Kalasan Sleman, Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menggelar acara Temu Nasional Warganet Muhammadiyah selama dua hari pada 2-3 Agustus 2018 lalu.

Hadir dalam acara pembukaan temu nasional ini Sekretaris PP Dr Agung Danarto, MAg mewakili PP Muhammadiyah, Ketua MPI PP Muhammadiyah Dr Muchlas, MT , Kepala LPMP Yogyakarta Dr Sarjilah, MPd serta ratusan peserta mewakili pimpinan wilayah dan daerah seluruh Indonesia.

Muchlas, MT selaku Ketua MPI dalam laporan pembukaan menyatakan bahwa cara ini dilangsungkan dalm rangka evaluasi program kerja MPI selama ini. Selain itu menghadapi disruption era karena pengaruh perkembangan teknologi juga harus disikapi dengan bijaksana oleh Muhammadiyah.

"Karena itu, perlu narasi alternatif dalam produksi konten di media sosial yang mencerminkan kepribadian Muhammadiyah," ungkap Muchlas.

Sementara itu, dalam arahan sekaligus membuka acara temu nasional warganet ini, Agung Danarto menyatakan bahwa istilah dunia maya tidak lagi relevan, karena sejatinya dunia maya sudah menjadi sebuah realitas, kenyataan yang punya pengaruh dalam kehidupan.

Oleh karena itu, menurut Agung Muhammadiyah yang menempatkan dirinya sebagai organisasi modern yang berkemajuan harus ikut masuk ke dunia baru tersebut.

"Setidaknya ada beberapa tugas bagi warganet Muhammadiyah untuk masuk ke dalam dunia teknologi sosial media ini, diantaranya edukasi warga Muhammadiyah agar melek teknologi informasi, kedua di era post-truth ini warga Muhammadiyah harus bisa menyikapi perkembangan berita yang ada, dan terakhir warga Muhammadiyah harus mampu memberikan tafsir realitas berdasar Muhamamdiyah sehingga kita tidak kalah dengan opini yang terkadang hoaks," ujar Agung.

Acara temu warganet Muhammadiyah ini diikuti oleh 21 perwakilan Wilayah Muhammadiyah dan 150 utusan pimpinan daerah Muhammadiyah se-Indonesia. Materi dan pengisinya juga beragama diantaranya Machendra Setyo dari Staff Kemendikbud RI, Sonny Zulhuda, PhD Ketua PCIM Malaysia, serta Dr Rully Nasrullah, MSi dari MPI PP.

Di akhir pertemuan, disepakati adanya rencana kerja yang sudah dirumuskan serta konsolidasi dan segera ditindak lanjuti oleh MPI PP dan peserta yang hadir. maghfur
jilbab terbaru

Post A Comment

ADVERTISEMENTS
Umroh Ramadhan 2018