ADVERTISEMENTS

6 Pilar Islam Berkemajuan Menurut Nur Kholis Huda

Pilar Islam Berkemajuan
Peringatan milad Universitas Muhammadiyah Jember yang dilaksanakan bersamaan dengan rapat senat UMJember tersebut turut dihadiri pula oleh Nur Kholis Huda sebagai wakil PWM Jatim. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwasannya Islam berkemajuan ditopang oleh 6 pilar.

Pertama, Islam berkemajuan harus didasarkan pada tauhid yang kokoh. Sehingga tidak mudah terengaruh Takhayul bidah dan khurafat. Serta yang paling penting adalah tidak Syirik tersamar. Apakah itu?, Sirik tersamar adalah tidak ikhlas.

Kedua, Gerak sinergi dengan ilmu pengetahuan. Muhammadiyah sejak dulu selalu mendasarkan pada ilmu dan amal, karena itu kampus harus menjadi "centre Of knowledge".

Ketiga, memaknai Islam secara mendalam. Mendalam ini akan membawa implikasi pikiran yang tidak sempit dalam beragama, luas pandangan dan toleransi.

Keempat, selalu melihat ke depan, "future" dan bukan "past". Bukan nostalgia yang selalu dihadirkan melainkan berbicara tentang masa depan. UMJ harus bervisi kedepan bukan bangga atas yang telah dilakukan pada masa lalu. Sehingga mampu memprediksi apa yang muncul pada masa yang akan datang.

Kelima, UMJember Harus sinergi dengan Muhammadiyah sehingga kegiatannya selalu bersifat fungsional dan solutif.

Dan yang terakhir, "Islam berkemajuan punya sikap toleransi dan mampu bekerjasama dengan banyak pihak," pungkas Nur Kholis. ●

foto & liputan: Iffan Galant

Post A Comment

ADVERTISEMENTS