Peringati International Women's Day, IMM Ngobrol Mulianya Wanita Perspektif Islam


Pada Rabu (8/3/2017) kemarin Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Pimpinan Komisariat (PK) Engineering Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember mengadakan Talkshow memperingati Hari Perempuan Sedunia.

Acara yang mengambil tempat di Gedung D Unmuh Jember ini mendatangkan 3 narasumber dari internal Unmuh sendiri. Tampak hadir sebagai narasumber Dra. Menik Chumaidah. M.Si Ketua PD ‘Aisyiyah Jember, Suhartina Dekan Fakultas Teknik Unmuh Jember serta Sekretaris LP AIK Unmuh Jember, Idris Mahmudi, Amd.Kep, MPdI.

Acara yang dimoderatori oleh IMMawati Kurniawati Ketua Bidang Immawati PC IMM Jember ini dibuka oleh Ketua PC IMM Jember, Bagus Rangga Sita. Dalam sambutannya Bagus menyampaikan bahwa wanita dewasa ini perlu untuk mendapatkan ruang sosial, politik dan ekonomi.

Sementara itu di hadapan mahasiswa-mahasiswi yang hadir, satu-satunya narasumber pria Idris Mahmudi menyampaikan mengenai reinterpretasi al-Qur’an dalam perspektif feminis dengan pendekatan hermeneutika milik Fazlur Rahman dan Amina Wadud.

Penyampaian materi dalam talkshow ini direspon sangat antusias oleh mereka yang hadir. Salah satu peserta talkshow mengatakan bahwa peran wanita selama ini dirasa masih bias, dan dipengaruhi oleh pemikiran liberal dimana dinyatakan  wanita harus setara dengan pria. Menurutnya hal ini akan berbenturan dengan konsep Islam, dimana Islam memandang wanita lebih mulia daripada masalah kesetaraan gender.

Foto & laporan : rangga