Pelatihan Maktabah Syamilah Lanjutan Majelis Tarjih Jember

Ketua MTT PDM Jember, Dr. Safruddin Edi W., menjelaskan penggunaan software Maktabah Syamilah
Setelah pada Ahad sebelumnya Majelis Tarjih & Tajdid (MTT) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Jember melaksanakan Kajian Tarjih di Bangsalsari, pada Ahad (12/02/2017) kemarin MTT PDM kembali mengadakan Pelatihan Lanjutan mempelajari software Maktabah Syamilah.

Acara yang diadakan setelah Pengajian Ahad Pagi PDM Jember ini mengambil tempat di Musholla Gedung Dakwah Muhammadiyah Jember Jl. Bondoyudo.

Hadir dalam acara pelatihan ini beberapa perwakilan dari PCM di daerah Jember, seperti Sumbersari, Watukebo, Balung, Tanggul dan Mangli. Sementara dari Majelis Tarjih PDM Jember hadir Ketua MTT Dr. Safruddin Edi W., Anggota MTT Ustadz Ainur Rhoe’in dan Ustadz Muhyi. Hadir pula Wakil Ketua PDM Jember Dr. Kasman, M.Fil.I menyaksikan kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan lanjutan kali ini tim MTT PDM Jember masih membahas seputar cara mengunduh, meng-install serta memakai software maktabah syamilah. Para peserta kegiatan tampak antusias dengan pembahasan ini meskipun diakui cukup sulit mengenai penggunaan program yang berbahasa Arab ini.

Menurut Dr. Safruddin, kajian ini bertujuan untuk membantu mubaligh serta anggota MTT di cabang-cabang agar mengenal dan dapat mengakses kitab-kitab referensi tafsir, hadits dan lainnya yang berbahasa Arab untuk menunjang kegiatan dakwah.

Sehingga, menurut dosen IAIN Jember ini ketika berdakwah nantinya para mubaligh tidak kesulitan membuka kitab-kitab referensi tersebut. “Tinggal buka aplikasi maktabah syamilah ini di PC atau di handphone android mereka,” jelas Dr. Safruddin.

Tapi menurut Dr. Safrudin masih ada kekurangan dari pelaksanaan pelatihan ini, dimana sebagian yang mengikuti pelatihan belum bisa membaca tulisan Arab gundul. “Kedepan para mubaligh dan anggota Tarjih diharuskan menguasai bahasa Arab sehingga memudahkan mengoperasikan software ini,” pungkasnya.

Seperti diketahui Maktabah Syamilah merupakan piranti lunak (software) berbentuk buku elektronik dan perpustakaan digital yang memuat ribuan kitab-kitab berbahasa Arab seperti Tafsir al-Qur’an, Kitab Hadits, Kitab Fiqih serta kitab lainnya.

Foto dan laporan: maghfur

Post A Comment

ADVERTISEMENTS