ADVERTISEMENTS

Kajian Tafsir Surat Al-Muzammil PCM Kalisat

Pengajian Tafsir al-Qur'an PCM Kalisat membahas Surat al-Muzammil
Puluhan warga Muhammadiyah Kalisat hadir dalam Pengajian Tafsir Al-Qur’an yang rutin dilaksanakan setiap Senin Malam di Kompleks Perguruan Muhammadiyah Kalisat.

Seperti yang terlihat pada Senin (13/02/2017) malam kemarin, warga Muhammadiyah yang hadir tampak serius mendengarkan penjelasan pemateri, Ustadz Drs. Ali Fauzi HS.

Pengajian yang dimulai ba’da Sholat Maghrib edisi kemarin menjelaskan mengenai Surat Al-Muzammil. Surat ini merupakan surat ketiga yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw setelah Surat Al-Alaq dan Surat Al-Qolam.

Ustadz Ali menjelaskan juga mengenai perbedaan tafsir asbabul nuzul yang terjadi pada surat Al-Muzammil. Perbedaan itu terjadi pada Tafsir Ibn Abbas dengan Tafsir Sayyid Quthb serta Tafsir al-Maraghiy.

Dijelaskan pula oleh Ustad Ali bahwa salah satu kandungan surat Al-Muzammil saat turun pertama kali adalah Nabi saw diperintahkan untuk bangun terutama untuk melakukan sholat malam dan bersiap diri menghadapi kejadian besar yang mengancam nyawa Nabi saw. Ancaman itu terkait dengan kaum kafir Quraisy yang akan membunuh Nabi saw karena ketidaksenangan mereka atas dakwah Nabi saw.

Menurut Ustadz Ali, kandungan surat Al-Muzammil relevan dengan keadaan kekinian yang terjadi di Indonesia. Beliau menyatakan sudah saatnya umat Islam khususnya warga Muhammadiyah bersiap diri menghadapi ancaman dakwah salah satu caranya dengan bangun sholat malam.

Foto dan laporan : maghfur

Post A Comment

ADVERTISEMENTS