ADVERTISEMENTS

FOSKAM SMP Muhammadiyah Se-Jember Siapkan UKK Bersama

Silaturrohim FOSKAM dari kiri : Drs. Suryadi, Dr. Hanafi dan Dr. Gatot Sugeng


Forum Komunikasi Kepala Sekolah Muhammadiyah (FOSKAM) tingkat SMP Muhammadiyah se-Kabupaten Jember mengadakan Silaturrohim terkait pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas (UKK) Bersama pada Jumat (27/1/2017) lalu.
Kegiatan rutin FOSKAM kali ini bertempat di Kompleks Perguruan SMP Muhammadiyah 9 Watukebo.
Tampak hadir dalam acara tersebut Ketua Majelis Dikdasmen PDM Jember Dr. Gatot Sugeng Purwono, MS, Sekretaris Majlis Dikdasmen Dr. Hanafi, M.Pd, Ketua FOSKAM Drs. Suryadi, M.Si, Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah serta Perwakilan Guru Mata Pelajaran Sekolah Muhammadiyah se-Kabupaten Jember.
Dalam paparannya Ketua Majlis Dikdasmen menyatakan sangat penting bagi sekolah untuk mempersiapkan SDM guru yang profesional dalam rangka mengembangkan sekolah yang bermutu. Selain itu perlu juga pengembangan MGMP sebagai salah satu media peningkatan kompetensi dan kepribadian guru. Dosen STE Mandala ini juga menyatakan Majlis Dikdasmen akan mengeluarkan beberapa aturan baru salah satunya mengenai pergantian kepala sekolah Muhammadiyah di Jember.
Sementara itu Dr. Hanafi selaku Sekretaris Majlis Dikdasmen memberikan sambutan diantaranya bahwa kegiatan silaturrohim ini memiliki tujuan agar SMP Muhammadiyah di Kabupaten Jember memenuhi syarat sebagai sekolah yang tidak hanya memiliki kuantitas siswa yang banyak tapi juga kualitas yang baik, salah satunya dengan pembekalan kemampuan membuat perangkat mengajar gurunya.
Dalam kegiatan yang dihadiri sekitar 100 orang ini dihasilkan kesepakatan bersama mengenai pembuatan kisi-kisi Ujian Semester Genap bagi siswa kelas 7 dan 8, serta pembuatan kartu soal. Nantinya Kisi-Kisi dan Kartu Soal akan dianalisa bersama dengan mendapat pendampingan dari Dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Jember.
Rencana tindak lanjut kegiatan pendampingan akan dilaksanakan pada bulan Februari mendatang dan hasilnya nanti digunakan untuk Ujian Kenaikan Kelas bersama SMP Muhammadiyah se-Kabupaten Jember.

Foto dan liputan : Kusno, Suryadi, Nurseno

Post A Comment

ADVERTISEMENTS