Bangkitkan Kader, MPK PDM Selenggarakan Baitul Arqam Putra Putri Muhammadiyah

Perkaderan Baitul Arqam putra putri keluarga Muhammadiyah usia SMP-SMA
Perkaderan Baitul Arqam putra putri keluarga Muhammadiyah usia SMP-SMA
Sabtu-ahad, 18-19 juni 2016 Majelis Pendidikan Kader (MPK) Pimpinan Daerah Muhammadiyah kab. Jember menyelenggarakan Baitul Arqam Putra Putri keluarga Muhammadiyah. Agenda 2 hari 1 malam di aula SMA Muhammadiyah 3 Jember tersebut berlangsung dengan meriah meski sedang menjalankan ibadah puasa.

Kegiatan yang diikuti oleh 106 peserta dari seluruh delegasi PCM se-kabupaten Jember ini berguna untuk memotivasi putra putri keluarga Muhammadiyah yang sekolah diluar sekolah Muhammadiyah (usia SMP-SMA) agar dapat mengenal segala hal yang berkaitan dengan persyarikatan. Metode pembelajaran dikemas demikian menarik sehingga peserta dapat merasakan ber-muhammadiyah dengan lebih gembira.

Materi "Motivasi berorganisasi melalui lagu-lagu Muhammadiyah" cukup menarik perhatian dan membuat peserta terlibat secara aktif. Aktivitas dalam forum juga dikemas dengan metode diskusi agar mendidik peserta untuk berfikir ilmiah serta mengembangkan nalar kritis. Serangkaian materi lain yaitu: Al Islam, materi ini disampaikan dengan lugas dan gaya penyampaian yang khas diselingi canda tawa oleh ketua PDM Jember Ust. H. Kusno, S.Ag, M.Pd.I.

Kepribadian Muhammadiyah disampaikan oleh Bpk Ahmad Samanan, S.Pd, M.K.Pd. Remaja dan permasalahannya disampaikan oleh Bpk Qomaruddin, M.Kep, Sp.Kj (dosen FIKES UM Jember), serta Teori dan Praktik Pidato disampaikan oleh ketua Majelis Tabligh PDM Jember Drs.Dardiri, M.Pd.I.

Dalam pidato penutupan ketua Majelis Pendidikan Kader PDM Jember berharap kegiatan ini dapat menjadi embrio bangkitnya kembali kader-kader Muhammadiyah di sekolah non-Muhammadiyah, mereka harus dapat aktif di IPM, sedangkan yang sudah lulus dan melanjutkan pada jenjang Pendidikan Tinggi berharap agar dapat masuk di IMM (tutur M. Zaenal Mahfud). Dengan demikian mereka akan menjadi kader persyarikatan, umat, dan bangsa secara utuh.(*)


foto & liputan Dian Wahana

Post A Comment

ADVERTISEMENTS