Majlis Tarjih PP Adakan Coaching Pendalaman Materi Paham Hisab Muhammadiyah

Pendalaman materi dan penyamaan persepsi tentang paham hisab muhammadiyah dan tuntunan ibadah bulan ramadhan
Pendalaman materi dan penyamaan persepsi tentang paham hisab
muhammadiyah dan tuntunan ibadah bulan ramadhan


Majelis Tarjih dan Tajdid (MTT) Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengadakan Coaching Penyamaan Persepsi Tentang Pemikiran Hisab Muhammadiyah dan Tuntunan Ibadah Ramadhan pada Ahad 17 April lalu. Coaching ini dilaksanakan di Kampus I Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Acara ini sendiri merupakan rangkaian menyambut bulan suci Ramadhan yang jatuh pada 6 Juni 2016 nanti.
Dalam sambutan pembuka, Wakil Ketua MTT PP Muhammadiyah, Oman Fathurahman SW, MAg dikutip pwmu.co, mengungkapkan fakta betapa masih ada jarak antara paham keagamaan resmi dari Muhammadiyah dengan pengamalan yang ada di warga Persyarikatan akar rumput. Menurut Oman ini terjadi disebabkan minimnya ketersediaan dai serta ulama Tarjih untuk turun langsung mensosialisasikan tuntunan.

Akibatnya, kadang daerah, cabang, atau ranting justru memiliki pendapat mereka sendiri yang tidak jarang bertentangan dengan tuntunan resmi dari pusat. Kesamaan persepsi ini nantinya diharapkan dapat memperkuat organisasi serta menghindari kebingungan di tingkat akar rumput Muhammadiyah. Karena itu, di akhir acara, Ketua MTT PP Muhammadiyah, 
Sementara itu, Prof Syamsul Anwar Ketua Majlis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah di akhir acara menegaskan bahwa putusan dan fatwa PP itu mengikat secara organisasi, namun bagi pribadi silakan jika memiliki pendapat sendiri. Tetapi Syamsul juga mengingatkan bahwa ketika warga Muhammadiyah berada di forum atau jamaah Muhammadiyah, hendaknya ia mengikuti tuntunan resmi dari Persyarikatan. (fur)
Berikut ini adalah file yang bisa di download berkaitan dengan Materi Coaching Hisab MTT PP Muhammadiyah, klik disini

Post A Comment

ADVERTISEMENTS