ADVERTISEMENTS

Jasa Editing Naskah, Kerja Cerdas Hasil Puas

jasa editing naskah
Jasa editing naskah menjadi peluang bisnis wirausaha yang sangat prospektif mengingat kebutuhan tentang publikasi berbagai kepentingan seperti penerbitan buku, karya tulis, cerpen, karya akademis, jurnal ilmiah terus tumbuh di Indonesia seiring membaiknya tingkat pendidikan.
Menulis adalah aktivitas yang melelahkan. Hal itulah yang seringkali dirasakan sejumlah kalangan. Padahal sebenarnya menulis menjadi menyenangkan ketika kita merasakan manfaatnya. Beberapa manfaat menulis diantaranya; Pertama, melatih otak untuk terus berpikir dan berpikir.

Ya, inilah olahraga otak yang paling murah. Menurut beberapa referensi kesehatan, otak memerlukan olahraga yang membuat kinerja otak lebih awet hingga usia lanjut. Selain juga menjauhkan dari penyakit pikun, alzheimer, atau parkinson.

Kedua, menulis adalah kegiatan yang membuat kita bisa terkenal. Minimal nama kita akan muncul di media massa karena tulisan yang kita buat. Ketiga, tentu saja keuntungan secara finansial. Memang honor penulis di Indonesia sangat jauh dibandingkan di mancanegara.

Kembali ke survei bahwa para penulis profesional di luar negeri hidup hanya dengan Rp18,25 juta per bulan. Jika dibanding dengan Indonesia, tentu pendapatan itu sangat besar, setara dengan gaji manajer senior.

Namun, apakah penulis Indonesia juga bisa mencapai angka sedemikian?, Hitungan sederhana dari royalti: Cetak 3.000 eksemplar, Harga buku Rp50.000, Ada pendapatan = Rp150.000.000,00 dengan asumsi terjual semua. Royalti 10% = Rp15.000.000,00.

Pertanyaannya, kapan penulis bisa menerima royalti?, Tiga bulan, enam bulan, atau satu tahun? Kalau asumsi bisa cetak ulang dua kali setahun dan terjual 6.000 eksemplar, berarti setahun bisa memperoleh Rp30.000.000,00 atau setara dengan Rp2.500.000,00 per bulan. Kecil sekali, ya.

Jika sebagai penulis sudah sedemikian menguntungkan, tentu berbeda dengan menjadi editor. Editor adalah profesi yang menjadi saudara kandung dengan profesi penulis. Dua profesi ini memiliki persamaan dan perbedaan. Pekerjaan editor lebih sederhana namun sangat menentukan hasil kerja-kerja kepenulisan. Dari beban kerja profesi editor terkesan lebih ringan. Padahal yang menentukan karakter tulisan dan ketepatan bahasa serta diksi ladalah editor.

Setiap naskah tulisan dari seorang penulis memerlukan sentuhan seorang editor. Baik itu naskah buku, buku paket, cerpen, majalah, koran, dan lainnya.  Harapannya, tulisan yang masih berupa naskah tersebut menjadi karya tulis “matang” yang siap diterbitkan.

Jasa editing naskah

Bisnis kerja cerdas semacam ini juga telah dijalankan oleh Kalbar Zul beserta tim yang dapat dihubungi via WhatsApp/Telegram atau telepeon pada nomor 0856 5228 3832. Atau bisa juga dengan mengunjungi halaman facebooknya, disini.

Andapun boleh mencoba peruntungan didunia jasa editing naskah tersebut, karena bisnis ini terbilang sebagai "bisnis cerdas" yang mengandalkan kemampuan dan nalar berpikir. Juga tentunya, halal dan sangat menguntungkan. Selamat mencoba!.

Post A Comment

ADVERTISEMENTS