Dosen Fikes Unmuh Jember Bagikan Tips Mudik Lebaran yang Sehat dan Aman

Tips Mudik Lebaran yang Sehat dan Aman (Naufal & Humas Unmuh Jember/JemberMu.com)


JemberMu.com, 2 April 2024 - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, kebiasaan mudik untuk kembali ke kampung halaman menjadi rutinitas yang menyemarakkan. Namun, dalam tradisi ini, terjadi perubahan sementara dalam gaya hidup dan pola makan yang dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Dr. Wahyudi Widada, seorang Dosen dari Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember), memberikan beberapa tips kesehatan yang bermanfaat untuk menjaga diri saat mudik Lebaran.

"Pertama, hindari konsumsi gula tinggi dan karbohidrat berulang-ulang untuk menjaga stabilitas gula darah dan insulin," ungkapnya. 

Pencegahan diabetes dengan mengurangi makanan dan minuman manis menjadi prioritas utama. Jumlah makanan yang dikonsumsi saat Lebaran dapat memengaruhi kesehatan saat mudik karena dapat menurunkan daya tahan tubuh.

"Kami melihat kasus diabetes pada anak-anak usia sekolah dasar, yang seharusnya terjadi di usia 40-50 tahun," tambahnya.

Dr. Wahyudi juga menekankan pentingnya menghindari minuman isotonik atau suplemen dengan kandungan aspartam tinggi yang dapat membahayakan organ tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit.

“Konsumsi kopi tanpa gula bisa menjadi alternatif untuk menghindari kelelahan saat perjalanan jarak jauh, dan pastikan untuk istirahat di rest area serta memaksimalkan jam istirahat,” jelasnya.

Mengutip surat di Al-Qur'an An-Naba ayat 9, Dr. Wahyudi mengingatkan agar perjalanan mudik tidak dilakukan setelah pukul 22.00 karena efek buruk begadang terhadap kesehatan.

Tips lain yang diberikan adalah pencegahan mabuk kendaraan dengan melakukan bekam pada tubuh, baik bekam basah maupun bekam kering dengan tarikan ringan.

“Hindari kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan, dan jadikan puasa Ramadhan sebagai acuan hidup sehat,” tutupnya.

Dengan tips ini, diharapkan masyarakat dapat menjalani mudik Lebaran dengan lebih sehat dan aman.

Lebih baru Lebih lama