Wakil Rektor 3 Unmuh Jember Ajak Persiapkan Tiga Hal Menyambut Ramadhan

Terawih Pertama Ramadan 1445 H Masjid Al-Qolam Universitas Muhammadiyah Jember (Kukuh P/JemberMU.com)


JemberMU.com - Dalam kultum pada Sholat Tarawih pertama di Masjid Al Qolam Universitas Muhammadiyah Jember, Dr. Sofyan Rofi, yang baru saja dilantik sebagai Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kemuhammadiyahan, berbagi pesan menyambut bulan Ramadhan. Beliau menyampaikan bahwa sebagai umat Islam, terdapat tiga hal penting yang harus disiapkan menjelang bulan suci Ramadhan.

1. Persiapkan Iman dan Bersihkan Hati: Umat muslim diingatkan untuk memperkuat iman dan membersihkan hati. Ramadhan bukan sekadar rutinitas ibadah biasa, tetapi merupakan kesempatan istimewa untuk mendekatkan diri kepada Allah. Ditekankan pula agar hati dibersihkan sehingga sinar Ramadhan dapat menerangi seperti sinar yang menyinari rumah yang telah dibersihkan dari debu.

2. Persiapkan Ibadah Ramadhan yang Terbaik: Dr. Sofyan Rofi mendorong umat Islam untuk beribadah seolah-olah ini adalah Ramadhan terakhir dalam hidup mereka. Dengan niat dan usaha maksimal, diharapkan setiap ibadah di bulan Ramadhan menjadi yang terbaik.

3. Persiapkan Sadaqah yang Terbaik: Sadaqah (zakat) menjadi fokus dalam persiapan menyambut Ramadhan. Bulan ini memberikan peluang untuk mendapatkan pahala berlipat-lipat melalui amal kebajikan. Umat muslim diingatkan bahwa harta yang dimiliki memiliki hak orang lain yang dapat dibersihkan melalui berbagai bentuk sadaqah dan pemberian.

Dr. Sofyan Rofi mengisi Kultum Terawih Pertama di Masjid Al Qolam Unmuh Jember (Kukuh P/JemberMu.com)


Dalam penutup kultumnya, Dr. Sofyan Rofi mengajak jamaah Masjid Al Qolam untuk aktif berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Ramadhan yang telah disiapkan oleh Takmir Masjid Al Qolam Universitas Muhammadiyah Jember.



Penulis : Kukuh Pribadi, S.I.Kom., M.A.

Lebih baru Lebih lama