FIKES UMP Jalin Kerjasama Internasional dengan IIU Malaysia

FIKES UMP Jalin Kerjasama Internasional dengan IIU Malaysia (Humas UMP/Jembermu.com)


JemberMU.com - Purwokerto, 15 Januari 2024 - Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengukuhkan kerjasama internasional dengan International Islamic University Malaysia (IIUM) melalui kunjungan delegasi mahasiswa dan dosen. Tujuan kerjasama ini adalah melaksanakan Memorandum of Agreement (MoA) yang difokuskan pada program keperawatan antara FIKES UMP dan Kuliah of Nursing IIUM.

Dalam pertemuan di IIUM, pihak IIUM akan melakukan penilaian terhadap kurikulum, kuliah mahasiswa, dan diskusi antar-dosen. Agenda tersebut mencakup penandatanganan joint research, MoA, serta kerjasama dalam Community Surveys. Setelah kunjungan dua bulan ke depan, dijadwalkan pertukaran mahasiswa antara IIUM dan FIKES UMP, dengan IIUM juga merencanakan pengabdian masyarakat di Indonesia.

Assoc Prof Dr Ns Hj Umi Solikhah, Dekan FIKES UMP, menyampaikan harapannya agar kerjasama ini terus berkembang. Ia berharap melibatkan kegiatan seperti konferensi bersama, publikasi bersama, kunjungan profesor, dan memberikan peluang bagi mahasiswa UMP untuk berpraktik di IIUM, serta sebaliknya.

"Kerjasama ini melibatkan tri dharma perguruan tinggi, dan memberikan peluang bagi mahasiswa dan dosen untuk terlibat dalam riset bersama. Semoga hal ini membuka pintu bagi lebih banyak mahasiswa untuk belajar dan berpraktik di dunia internasional," ujarnya.

Saefurrohman PhD, Wakil Rektor I UMP, menambahkan bahwa FIKES UMP terus meningkatkan kehadirannya di kancah internasional dengan mengirimkan mahasiswa ke luar negeri. Dia berharap kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan keperawatan di kedua universitas dan membuka peluang lebih banyak lagi bagi mahasiswa untuk belajar di tingkat internasional.

"Kami berharap kerjasama ini akan terus berlanjut untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan keperawatan di kedua universitas dan membuka pintu bagi lebih banyak mahasiswa untuk belajar dan berpraktik di dunia internasional," pungkasnya.

Lebih baru Lebih lama