Unmuh Jember Sukses Menggelar The 3rd International Conference on Rural Development (ICRD) 2023

Unmuh Jember Sukses Menggelar The 3rd International Conference on Rural Development (ICRD) 2023 (humas unmuh jember/jembermu.com)

JemberMU.com - Jember, 11 Desember 2023 - Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) telah sukses menyelenggarakan The 3rd International Conference on Rural Development (ICRD) 2023 pada hari Senin, 11 Desember 2023. Acara ini diadakan secara daring dan luring atau hybrid di kampus Unmuh Jember.

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa dosen Unmuh Jember serta narasumber dari luar negeri, antara lain IFUGAO State University, University Malaysia Kelantan, Western Philippines University, Guangzhou College of Technology and Business, dan Universiti Muhammadiyah Malaysia. Para narasumber berpartisipasi secara daring untuk berkontribusi pada kegiatan The 3rd International Conference on Rural Development (ICRD) 2023.

Rektor Unmuh Jember dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unmuh Jember turut hadir dalam acara ini dan memberikan sambutan kepada peserta dan narasumber.

Tema utama acara ini adalah "Development Sustainable Village Through MSMEs (Micro, Small, Medium Enterprises)" sebagai respons terhadap masalah kemiskinan di pedesaan di Indonesia. Unmuh Jember berkomitmen untuk memfasilitasi acara ini sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat.

ICRD 2023 diikuti oleh lebih dari 400 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri, termasuk Filipina, Malaysia, dan China.

Rektor Unmuh Jember, Dr. Hanafi, M.Pd. membuka The 3rd International Conference on Rural Development (ICRD) 2023 (humas unmuh jember/jembermu.com)


Dr. Hanafi S.Pd, M.Pd., Rektor Unmuh Jember, yang turut hadir dalam acara, menyampaikan pentingnya peran wirausahawan desa sebagai pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Kelompok wirausahawan desa (Entrepreneurs Village) sebagai potret pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) hadir sebagai suatu solusi dari sistem perekonomian yang efektif memudahkan masyarakat bersaing dalam pasar global. Dengan meningkatkan kualitas produk-produk lokal akan menambah nilai jual UMKM,” kata Rektor Unmuh Jember.

Narasumber yang diundang juga menyoroti peran penting UMKM dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan kesempatan kerja di negara asal mereka. Salah satu narasumber, Assoc. Prof. Ts. Dr. Zailani Abdullah dari Universiti Malaysia Kelantan, menyampaikan materi tentang "Digitalization of Small, Medium Enterprises (MSEs) in Malaysia."

“UKM juga perlu memanfaatkan digitalisasi dalam bisnis mereka dan mentransformasi perusahaan mereka untuk memastikan bahwa mereka dapat mempercepat agenda nasional menuju pemanfaatan ekonomi digital,” ujar Zailani Abdullah.

The 3rd International Conference on Rural Development (ICRD) 2023 dianggap sebagai acara penting untuk pengembangan desa di Indonesia. Acara ini diharapkan dapat menghasilkan pemikiran dan gagasan baru yang dapat diterapkan dalam pengembangan desa di Indonesia, sejalan dengan upaya kontribusi Unmuh Jember dalam pengembangan desa di Tanah Air.

Lebih baru Lebih lama