Majelis Dikdasmen dan PNF PP Muhammadiyah Ajak Siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember Membangun Masa Depan dengan Good Mindset


Majelis Dikdasmen dan PNF PP Muhammadiyah Ajak Siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember Membangun Masa Depan dengan Good Mindset (Istimewa/jembermu.com)

JemberMU.com-Jember, 6 Desember 2023 – Dr. Arbaiyah Yusuf MA, perwakilan dari Majelis Dikdasmen dan PNF Pimpinan Pusat Muhammadiyah, memberikan inspirasi tentang membangun masa depan dengan good mindset saat menjadi guru tamu di SMA Muhammadiyah 3 (Smamga) Jember pada Rabu (6/12/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan di Masjid Smamga Jember setelah siswa, guru, dan karyawan melakukan zikir pagi dan shalat dhuha.

Waka Kesiswaan dan Humas Alfieyah, S.Pd. menjelaskan bahwa kegiatan guru tamu merupakan bagian dari program Smamga Jember yang menghadirkan para ahli dari luar sekolah untuk berbagi pengalaman dengan siswa.

Dalam sambutannya, Arbaiyah Yusuf menekankan pentingnya membangun ilmu karakter sebagai seorang muslimin dan muslimah yang sukses.

“Smamga Jember merupakan sekolah Muhammadiyah yang beruntung karena mendapat kunjungan dari Ibu Dr. Arbaiyah Yusuf MA. Beliau memiliki jadwal yang padat, tetapi masih menyempatkan diri hadir di tengah-tengah kalian. Marilah dengarkan dengan baik,” ujar Alfieyah, S.Pd..

Arbaiyah Yusuf memulai sesi dengan mengajak siswa untuk duduk lebih dekat dan berbicara tentang pentingnya good mindset dalam membangun masa depan.

“Mari kita mulai dengan membangun masa depan Smamga Jember melalui good mindset. Untuk menciptakan good mindset, kita harus bergerak,” ungkapnya.

Ia menjelaskan adanya dua mindset, yaitu fixed mindset dan growth mindset. Fixed mindset melihat kegagalan sebagai akhir dari segalanya, sementara growth mindset melihatnya sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang.

Growth mindset merupakan keharusan. Berpikir tentang kesempatan untuk belajar dari kesalahan, baik dari kegagalan maupun keberhasilan,” katanya.

Arbaiyah memberikan kunci untuk memiliki growth mindset dan mengajak siswa untuk mengikutinya. “Saya selalu membutuhkan waktu dan usaha. Saya selalu bisa berkembang. Kesalahan bisa membantu saya belajar lebih baik. Kesalahan adalah bukti bahwa saya sedang berusaha. Jika saya punya mimpi, saya bisa melakukannya,” ujarnya.

Ia mengingatkan siswa untuk tidak pernah menyerah dan selalu berusaha membangun masa depan melalui good mindset, terutama growth mindset.

“Pelajaran utama sebagai pelajar adalah mencari ilmu. Dalam proses ini, kita juga perlu peduli, menghargai, mencintai, dan mendoakan satu sama lain. Harapannya, kalian semua menjadi lebih baik setiap harinya. Semoga Muhammadiyah terus berkontribusi pada pembangunan bangsa melalui anggotanya, termasuk kalian semua,” pungkasnya.


Penulis : Indah Ita Utami

Lebih baru Lebih lama