Almarhumah Sawitri Komarayanti Menjadi Inspirasi Yudisium Ke-II PPG Tahun 2023 Unmuh Jember

Elok Fadhilah menyampaikan kesan pesan saat Yudisium ke-II PPG Tahun 2023 Unmuh Jember (Humas Unmuh Jember/jembermu.com)


JemberMU.com - Jember, 14 Desember 2023 - Suasana haru menghiasi Yudisium Ke-II Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Tahun 2023 di Universitas Muhammadiyah Jember pada Kamis (14/12/2023). Momen ini menjadi berkesan dengan pesan yang menggetarkan hati dari salah satu Yudisium, Elok Fadhilah, yang mampu menyentuh perasaan seluruh peserta yang turut hadir.


Saat memberikan pesan dan kesan sebagai perwakilan mahasiswa, Elok Fadhilah tak mampu menahan tangisnya ketika mengenang almarhumah Sawitri Komarayanti, seorang dosen Pendidikan Biologi yang tidak hanya berperan sebagai pengajar, tetapi juga sebagai sosok ibu yang memberikan inspirasi dan motivasi.


"Satu tahun beliau telah membimbing kami dengan semangatnya, bahkan ketika beliau sakit," ungkap Elok dengan suara penuh emosi.


Pesan tersebut menjadi ungkapan terima kasih kepada almarhumah Sawitri Komarayanti atas pengabdian dan dedikasinya selama 35 tahun 8 bulan dalam mendidik calon-calon guru di Unmuh Jember.


Elok Fadhilah juga menyampaikan bahwa kelulusannya bersama rekan-rekannya bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan awal dari tanggung jawab yang lebih besar sebagai guru profesional.


"Dengan gelar baru ini, kami merasa memiliki tanggung jawab untuk mengaplikasikan pengetahuan yang kami peroleh selama berkuliah di Unmuh Jember. Saatnya untuk membuktikan diri sebagai individu yang berkualitas, berkomitmen, dan memegang teguh nilai moral dan agama," ungkapnya.


Yudisium ini melibatkan mahasiswa Prajab Gelombang 1 dan 2 dari Prodi PGPAUD, PBI, dan Biologi, serta mahasiswa Daljab Angkatan 1 2023 Prodi PGPAUD dan Matematika, dengan total 247 lulusan. Meskipun terbatas oleh jarak, sebanyak 150 peserta turut hadir secara langsung di Gedung Ahmad Zainuri Unmuh Jember, sementara yang lain bergabung melalui Zoom Meeting.


"Karena mahasiswa PPG tersebar di seluruh penjuru daerah, jadi terkendala jarak," ungkap Anam Fadhilah M, Pd, Ketua Panitia.


Selain itu dirinya berharap agar PPG Unmuh Jember terus meningkatkan citra sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) terbaik dalam penyelenggaraan PPG, baik dalam jalur jabatan (daljab) maupun pra jabatan (prajab).

Lebih baru Lebih lama