26 Personel Gabungan MDMC Jember dan Relawan Muhammadiyah Berperan dalam Mitigasi Bencana Hidrometeorologi

Personil MDMC Jember dan Relawan Muhamadiyah pada kegiatan reboisasi di Bukit Trembesi Curahnongko, Kecamatan Tempurejo. (Khoirul Fahri/jembermu.com)

JemberMU.com - Jember, 16 Desember 2023 - Pemerintah Kabupaten Jember kembali mengintensifkan upaya mitigasi bencana dengan melibatkan BPBD Jember beserta relawan kebencanaan se Jember dan pihak terkait. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap potensi bahaya bencana hidrometeorologi yang dapat timbul selama periode transisi dari musim kemarau ke musim hujan, seperti yang diberitakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Rezky Prasetyo, prakirawan BMKG Banyuwangi, menyampaikan peringatan terkait potensi cuaca ekstrem, termasuk hujan lebat, banjir, tanah longsor, angin kencang, puting beliung, dan hujan es. Dalam kerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Pemkab Jember menugaskan BPBD untuk melaksanakan Gerakan Reboisasi sebagai langkah pencegahan bencana hidrometeorologi.

Kegiatan Gerakan Reboisasi dilaksanakan pada Sabtu, 16 Desember 2023, di tiga lokasi strategis: Perkebunan Kalijompo, Kecamatan Sukorambi; Gunung Pasang, Kecamatan Panti; dan Bukit Trembesi Curahnongko, Kecamatan Tempurejo.

Ainal Fuad beserta Kapolsek Tempurejo menanam bibit tanaman. (Khoirul Fahri/jembermu.com)

MDMC Jember melakukan penanaman bibit tanaman pada kegiatan reboisasi. (Khoirul Fahri/jembermu.com)

MDMC Jember, lembaga resiliensi bencana yang berperan aktif dalam mitigasi bencana, turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Sebanyak 26 personel terdiri dari MDMC Jember, Tim LKSA Nurul Husna, Relawan Muhammadiyah Ambulu, Relawan Muhammadiyah Wonoasri, dan Simapala SMK 3 Muhammadiyah Ambulu turut serta. Selain itu, komunitas relawan se-Jember, seperti BPBD Jember, Yalidi, Brandal Alas, Destana Curahnongko, dan Polairud, juga berkontribusi dengan jumlah keseluruhan relawan mencapai 60 orang.

Personel gabungan MDMC Jember dengan Relawan Muhammadiyah dalam kegiatan reboisasi (Khoirul Fahri/jembermu.com)

Dalam kegiatan ini, dilakukan penanaman 200 bibit pohon, termasuk bibit Durian, Alpukat, dan Jambu. Ainal Fuad, Koordinator Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi MDMC Jember, menyampaikan harapannya bahwa kegiatan penanaman ini dapat efektif mencegah potensi dampak dari bencana hidrometeorologi di masa yang akan datang.

Acara berlangsung dengan lancar, menandai upaya bersama dalam meningkatkan ketangguhan komunitas lokal dalam menghadapi potensi bencana.



Penulis : Khoirul Fahri Arrijal, S.Ked (Sekretaris MDMC Jember)

Lebih baru Lebih lama