Prestasi Luar Biasa: Tim HMPS Geografi UMP Meraih Second Best Performance di IGEOS 2023



Tim Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Geografi dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) meraih prestasi gemilang dalam International Geography Seminar (IGEOS) 2023 yang diselenggarakan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Dalam acara tersebut, tim yang diwakili oleh Ichlasul Muti dan Hercules Pungky Naga Dewa, dengan pendampingan dari dosen geografi Aria Bagiasa, M.PWK, berhasil meraih predikat Second Best Performance untuk artikel berjudul "Engaging Rural Communities for Disaster Resilience: Overview of DESTANA initiation in Panusupan, Central Java."

Dr. Anang Widhi Nirwansyah, M.Sc., Kapordi Pendidikan Geografi FKIP UMP, menyatakan bahwa pencapaian luar biasa ini menjadi catatan prestasi membanggakan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi UMP di tingkat nasional dan internasional. Sebelumnya, tim ini juga meraih pendanaan dari Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) di tahun 2023 untuk inisiasi program Desa Tangguh Bencana (DESTANA).



“Seminar internasional pada 1 November 2023 menjadi forum bagi para peneliti geografi, termasuk mahasiswa program sarjana, untuk menyajikan hasil risetnya. Hercules dan Ichlas memaparkan proses pembentukan DESTANA di Desa Panusupan, Kecamatan Cilongok,” ungkapnya saat diwawancara di Purwokerto pada Kamis, 16 November 2023.

Dr. Anang juga menjelaskan bahwa kegiatan kolaboratif ini melibatkan pemerintah desa dan elemen masyarakat dalam meningkatkan kapasitas menghadapi bencana kekeringan dan banjir. Program DESTANA juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan aparatur desa.

“Beberapa sarana penanggulangan bencana seperti embung, penyaluran bantuan air bersih, penanaman pohon, pelatihan, dan simulasi tanggap bencana telah diimplementasikan,” jelasnya.

Aktivitas ini menjadi bagian integral dari program Magang Belajar Kemahiran Mahasiswa (MBKM), yang menitikberatkan pada optimalisasi aktivitas akademik melalui riset dan pemberdayaan masyarakat, dengan penerapan keilmuan geografi, riset kebencanaan, dan pemetaan menggunakan teknologi geospasial.

“UMP berkomitmen untuk terus mendorong kegiatan kemahasiswaan berbasis riset, sejalan dengan visi universitas untuk menjadi World Class University pada tahun 2031,” tambahnya.

Lebih baru Lebih lama