Giat Bersih Lingkungan Angkatan Muda Muhammadiyah cabang Cakru, Kencong dan Jombang pada Karnaval Seni Budaya wilayah Kencong kabupaten Jember




Angkatan Muda Muhammadiyah cabang Cakru, Kencong dan Jombang membersihkan lingkungan sekitar (Khoirul Fahri Arrijal/JEMBERMU)

JEMBERMU - Aksi membersihkan lingkungan (9/9/2023) dengan memunguti sampah yang berserakan setelah acara karnaval seni dan budaya wilayah kecamatan Kencong kabupaten Jember merupakan inisiasi dari Angkatan Muda Muhammadiyah cabang Cakru, Kencong dan Jombang yang terdiri dari Pemuda Muhammadiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, Hizbul Wathan, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, dan Tapak Suci serta mendapat pendampingan dari MDMC Jember dan Lazismu Jember ada juga komunitas Kencong Kota Tua ikut berkolaborasi bersama. 

Acara karnaval seni dan budaya  memperingati HUT RI ke -78  diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Kencong Kabupaten Jember diikuti sejumlah 8.000 peserta dilaksanakan pada jalan protokol di wilayah kecamatan Kencong. Banyak sekali penampilan menarik dari karnaval seni dan budaya ini, mulai dari pengisahan kerajaan, baju adat nusantara dan lainnya. Masyarakat setempat pun berbondong-bondong menonton dengan meramaikan di sepanjang jalan trotoar. 

Moh. Agus Shofarudin, S.Pd sedang membersihkan sampah yang berserakan (Khoirul Fahri Arrijal/JEMBERMU)

Angkatan Muda Muhammadiyah cabang Cakru, Kencong, dan Jombang berbondong-bondong membersihkan sampah berserakan di sepanjang jalan (Khoirul Fahri Arrijal/JEMBERMU)

Namun di sisi lain dari kemeriahan acara ini yaitu banyak sekali sampah berserakan di sepanjang jalan. Maka dari itu Angkatan Muda Muhammadiyah cabang Cakru  Kencong dan Jombang mengadakan kegiatan bersih lingkungan.

"Peranan Angkatan Muda Muhammadiyah Cabang Cakru, Kencong dan Jombang mengambil alih untuk membantu pemerintah setempat dalam membersihkan sampah berserakan. Ada juga sosialisasi kebersihan lingkungan sekitar dan penggunaan masker dengan benar serta membagikan masker pada khalayak luas." Ungkap Moh. Agus Shofarudin, S.Pd sebagai delegasi dari MDMC Jember. 

Mobil Strada MDMC Jember penuh dengan karung berisikan sampah (Khoirul Fahri Arrijal/JEMBERMU)

"Kita ingin membuktikan bahwa dengan kegiatan aksi ini (membersihkan lingkungan) merupakan bagian dari dakwah, harapannya dengan menjaga dan sadar akan kebersihan bisa tercipta pola hidup sehat.

Kegiatan ini juga bertujuan mengedukasi pentingnya menjaga lingkungan dan mengajak masyarakat untuk bertanggung jawab agar sampah bekas makan atau minum yang mereka gunakan, dibuang pada tempatnya." Jelas 

Safrizal Muhammad Arifin, S.Pd.I, M.S.I ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah kabupaten Jember.


Penulis: Khoirul Fahri Arrijal S.Ked

Lebih baru Lebih lama