KONSOLIDASI MDMC JATIM BERSAMA PENGURUS MDMC JEMBER

Foto bersama berpose "Salam Tangguh".

Foto bersama MDMC Jatim, MDMC Jember dan Korbid LRB PDM Jember

    Silaturahmi dilaksanakan siang hari ini (30/8/2023) di gedung Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jember dihadiri oleh Ketua MDMC Jawa Timur M. Rofi'i, S.T., M.T dan Koordinator Divisi Kelembagaan dan Kerjasama Siswanto Agung Wijaya, S.Kep., Ns., M.MB kemudian perwakilan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jember diwakili oleh Koordinator Bidang LRB drh. H. Puput Rijalu dan dari pengurus MDMC Jember diinisiasi oleh penasehat Moh. Agus Shofarudin, S.Pd beserta Ainal Fuad, Saher, Gayuh, Fahri, Rijal dan Amir. 

Ainal Fuad dan M. Rofi'i, S.T., M.T berbincang santai.

Diskusi siang ini membahas banyak hal, diantaranya: koordinasi dengan acuan OMOR (One Muhammadiyah One Response), menjaga prinsip Muhammadiyah dalam ranah kemanusiaan, menjaga marwah kebencanaan supaya tidak terpicu masalah SARA, konsistensi dalam keorganisasian dan masalah urusan pembiayaan dengan Lazismu daerah masing-masing. 

Khoirul Fahri, S.Ked. memandu acara silaturahmi MDMC Jatim dan MDMC Jember.


Tambahan dari ketua MDMC Jawa Timur berupa pemaparan awal program kerja wilayah yang akan dilaksanakan pada periode 2022-2027 yang terdiri dari pendidikan dan pelatihan bagi relawan Muhammadiyah guna peningkatan kapasitas relawan, inisiasi dan pendampingan desa tangguh bencana, merancang Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) akan digencarkan pada Amal Usaha Muhammadiyah (Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar hingga Menengah) untuk mitigasi awal dari kejadian bencana (edukasi bencana, SOP Penanganan Bencana, jalur evakuasi, dan sebagainya) serta penelitian dan publikasi mengenai kebencanaan di ranah kampus Muhammadiyah. Program wilayah ini akan ditindaklanjutkan pada MDMC daerah yang disesuaikan dengan local wisdom masing-masing. 


Diadakannya silaturahmi ini sebagai bentuk koordinasi bersama antara wilayah dan daerah. Melihat wilayah Jawa Timur sangat banyak kejadian bencana yang merupakan bencana berulang di masa lampau. "Yang perlu diciptakan dalam masyarakat berupa ketangguhan menghadapi bencana." Ucap pak Rofi'i.


Penulis: Khoirul Fahri, S.Ked.-Anggota MDMC Jember 







Lebih baru Lebih lama