LHKP Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jember Gelar Diskusi Publik Dinamika Politik Jember, Menilik Kontestasi Jelang Pemilu 2024

JEMBER, 20-05-2023. Diskusi Publik Dinamika Politik Jember, Menilik Kontestasi Jelang Pemilu 2024 telah dilaksanakan pada Sabtu, 20 Mei 2023, mulai pukul 19.00 hingga 22.00 di Lobby D3 Perhotelan FISIP Universitas Muhammadiyah Jember.

Diskusi tersebut dipandu oleh Iffan G.E. Muhammady, S.Sos., M.Si., sebagai host acara. Narasumber yang hadir dalam diskusi ini adalah Drs. Itok Wicaksono, M.Si., selaku Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan; Andhika A. Firmansyah, S.H selaku Kordiv. SDM dan Organisasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jember; dan Muhammad Syai'in, S.H., M.H., yang menjabat sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember.

Andhika A. Firmansyah, S.H selaku Kordiv. SDM dan Organisasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jember menyampaikan bahwa Bawaslu siap menerima laporan pelanggaran kampanye di Kabupaten Jember dari siapapun asal memiliki KTP Jember atau memiliki hak pilih. Bawaslu mengajak masyarakat untuk menjadi pemilih yang partisipatif dan tidak ragu untuk melaporkan temuan kecurangan pemilu, dalam hal hak pilih Bawaslu Jember memiliki program Kawal Hak Pilih yang akan menampung laporan dari masyarakat terkait hak pilihnya.   

Muhammad Syai'in, S.H., M.H., sebagai Ketua KPU Kabupaten Jember, membahas tentang persiapan KPU dalam menyelenggarakan Pemilu 2024. Beliau menjelaskan masyarakat bisa mengecek DPT secara mandiri melalui laman website https://cekdptonline.kpu.go.id/, selain itu KPU Jember menegaskan bahwa Pemilu 2024 telah siap dilaksanakan sesuai dengan undang-undang No. 7 Tahun 2017.

Narasumber Drs. Itok Wicaksono, M.Si., selaku Kaprodi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Muhammadiyah Jember memberikan sudut pandang dari akademisi bahwa kondisi politik Indonesia sedang kondusif dan akan lancar dalam pelaksanaannya dan diperkirakan bahwa popularitas calon presiden akan mempengaruhi dinamika politik lokal dikarenakan pelaksanaan pemilu legislatif dan presiden akan dilangsungkan secara bersamaan

Diskusi berjalan hangat dengan berbagai masukan dari wakil partai politik, mahasiswa, ormawa yang hadir. LHKP Muhammadiyah Jember juga berkomitmen akan terus menyelenggarakan kegiatan Diskusi Publik ini setiap sebulan sekali di minggu ke dua tiap bulannya, untuk menampung aspirasi politik masyarakat jember khususnya mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember selaku tuan rumah acara Diskusi Publik. Di akhir diskusi disampaikan bahwa mari kita sukseskan pemilu ini dengan gembira demi Demokrasi Indonesia. (kukuhp)

 

Lebih baru Lebih lama