Majelis Tarjih PP Luncurkan Jilid 2 Tafsir Attanwir Disela-sela Agenda Muktamar ke-48



Majelis Tarjih PP Muhammadiyah meluncurkan buku Tafsir attanwir jilid 2 bersamaan dengan momen Muktamar Muhammadiyah Aisyiyah ke-48 di surakarta pada Sabtu (19/11/22) kemarin. Bertempat di mini hall media centre Edutorium Universitas Muhammadiyah surakarta, hadir Prof. Dr. Syamsul Anwar ketua MTT PP Muhammadiyah, Dr. Tafsir Ketua PWM Jawa Tengah serta Isngadi Marwah Pimred Suara Muhammadiyah. 

Dalam penjelasannya di depan awak media yang hadir, Syamsul menyatakan bahwa launching tafsir Attanwir jilid 2 ini merupakan bentuk pertanggungjawaban Majlis Tarjih setelah sebelumnya sukses menghadirkan Tafsir Attanwir jilid 1. 

Syamsul juga menyatakan Majlis Tarjih PP Muhammadiyah berupaya menekankan 4 etos dalam menyusun tafsir Attanwir ini. 

"Dalam menyusun buku ini, Majlis Tarjih mempertimbangkan 4 etos yaitu etos pengetahuan, etos ekonomi, etos sosial serta etos ibadah," ujar Syamsul. 

Syamsul juga menambahkan, metode yang dipakai Majlis tarjih dalam menyusun buku tafsir ini adalah metode tahlily. Buku tafsir jilid 2 ini terdiri dari 146 ayat dari Surat al-Baqarah ayat 142 sampai ayat 286. 

Sementara itu ketika dimintai keterangan oleh jembermu.com, apakah terbuka terjadinya revisi tafsir layaknya qaul qadim dan qaul jadid seperti fikih Imam Syafii, Syamsul mengatakan secara teori bisa saja itu terjadi, tapi ke depannya _wallahu a'lam_ karena adanya aspek yang perlu dikaji ulang dan lain sebagainya. 

Acara launching Tafsir Attanwir jilid 2 ini juga menghadirkan ketua PWM Jawa Tengah yang turut meluncurkan buku berjudul Puritan dalam Muhammadiyah, apakah progresivisme atau konservatisme.

Lebih baru Lebih lama