Farin dan Dimas wakili Unmuh dalam Pelatihan Produksi Siaran tvMu

Farin dan Dimas wakili Unmuh dalam Pelatihan Produksi Siaran tvMu
Jurnalis Muda - farin dan dimas wakili unmuh dalam pelatihan produksi televisi oleh MPI PP Muhammadiyah, Jum'at-Sabtu (14-15/10/2016) di Jakarta. 
Jum'at-Sabtu (14-15/10/2016), Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerjasama dengan tvMu Amal Usaha Muhammadiyah bidang pertelevisian menyelenggarakan pelatihan produksi siaran televisi.

Kegiatan pelatihan pertelevisian yang dibuka oleh Ketua MPI PP Muhammadiyah, Dr. Mukhlas, MT tersebut dihadiri oleh perwakilan MPI berbagai wilayah maupun delegasi kontributor dari kampus Muhammadiyah se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Mukhlas menjelaskan pentingnya dakwah Muhammadiyah melalui media televisi. MPI memiliki peran penting dalam hal dakwah amar ma'ruf nahi munkar tersebut yang salah satu wujudnya adalah dengan mengadakan pelatihan semacam itu.

Sementara itu, Edy Kuscahyanto Direktur Eksekutif tvMu menerangkan bahwa media televisi yang lahir 18 November 2013 ini adalah wujud pelaksanaan amanat Muktamar Muhammadiyah.

"tvMu kedepan diharapkan menjadi sumber informasi dan motivasi yang cerdas, imbang dan memberikan nilai tambah bagi warga persyarikatan. Selain itu tvMu nantinya akan dapat melakukan kontrol sosial serta kritik santun yang berbasis Islam berkemajuan," jelas Edy.

Dalam kegiatan pelatihan yang berlokasi di Gedung Dakwah Pusat Muhammadiyah, Jl. Menteng Raya 62 tersebut, Universitas Muhammadiyah Jember juga turut berpartisipasi mengirimkan delegasi sebanyak 2 orang. Awit Istighfarin, mahasiswi Fisipol Prodi Komunikasi dan Aditya Dimas, S.Ikom yang merupakan staf SSC Unmuh.

Awit Istighfarin yang biasa dikenal dengan Farin, mahasiswi pebisnis jilbab online tersebut merupakan salah satu tim jurnalis web kampus, sedangkan Dimas merupakan anggota dari tim dokumentasi event-event yang diselenggarakan di lingkungan kampus Universitas Muhammadiyah Jember.

Dimas & Farin - pelatihan tvMu
Dimas & Farin - pelatihan tvMu
Keikutsertaan kedua delegasi Unmuh Jember tersebut diantaranya memberikan mandat sebagai perwakilan biro daerah sebagai kontributor konten isi untuk tayangan tvMu. Kedua, materi yang disampaikan mencakup 'production house' untuk televisi, penulisan berita, video jurnalis dan praktek pembuatan produksi berita.

Terakhir, Farin dan Dimas diperkenalkan tentang cara produksi tvMu dan syarat-syarat ketentuan seputar kelayakan konten untuk dapat ditayangkan. Karena diharapkan setelah mengikuti pelatihan singkat tersebut diharapkan delegasi setiap daerah dapat mengirimkan konten berita dan semacamnya untuk tvMu dan dapat menjadi jurnalis tvMu dalam jangka panjang.

Dalam acara pelatihan produksi televisi ini, MPI PP Muhammadiyah juga melakukan kerjasama dengan beberapa pihak diantaranya LazisMU pusat, bukumu.com dan inspirasi.com. Kerjasama ini merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan budaya literasi di bidang pustaka dan penerbitan. ● farin
Lebih baru Lebih lama