Kholid Ashari: Jadi Pengusaha Harus Maju dan Menang!


Setiap tahunnya Forbes mengeluarkan daftar 50 orang terkaya di Indonesia, dimana hasil kekayaan mereka yang terdaftar disana merupakan hasil sebuah perjuangan di sektor usaha bisnis. Itu adalah sedikit bukti bahwa menjadi pengusaha, wirausahawan, entrepreneur atau apapun namanya, menjadi pilihan yang realistis dan sangat potensial.


Inilah yang juga coba Kholid Ashari SE tawarkan saat menjadi pembicara tunggal dalam Seminar Entrepreneur yang diselenggarakan PC IMM Jember pada Kamis (30/3/2017) lalu di Aula Universitas Muhammadiyah Jember.


Pemilik usaha Senyum Media Group ini mengatakan bahwa tema seminar manifesto entrepreneur muda berdaulat jangan hanya dijadikan statemen saja, tetapi juga harus diaktualisasikan dalam bentuk nyata.


“Kelak setelah anda semua jadi sarjana, harus terjun langsung jadi seorang saudagar yaitu pengusaha dengan seribu akal,” ungkap Kholid.


Kholid lalu mengungkapkan 2 langkah rahasia yang harus dilakukan oleh seorang saudagar. Langkah itu perlu ketegasan dari hati seorang calon saudagar, yaitu 2 M, Maju dan Menang. Menurutnya, 2 M ini adalah bentuk optimisme seseorang dalam mengarungi ganasnya persaingan bisnis.


“Jadilah saudagar yang Maju dan Menang, bukan cuma Maju dan Mundur,” tegas Kholid sedikit berkelakar.


Keragua-raguan atau pesimis dalam bisnis bisa menyebabkan kekalahan sebelum berperang, yang akhirnya menghasilkan 2 M yang lain yaitu Mundur lalu Mati.


Saat ini Kholid melihat jumlah pengusaha muslim sangat kurang, hal ini dikarenakan mental pemuda atau sarjana muslim yang masih meragukan kekuatan diri sendiri, meragukan kemampuan berusaha yang nyata-nyata disebutkan bahwa dari 10 pintu kesuksesan 9 diantaranya berasal dari perdagangan/perniagaan.


“Pengusaha non-muslim jelas tujuan yang dicari adalah duit, tapi pengusaha muslim tolok ukurnya bukan cuma duit dan keberhasilan duniawi saja, harus juga dimaknai sebagai sarana ibadah untuk tujuan akhirat,” ungkap Kholid.


Dengan demikian, kalau pengusaha Muslim, sarjana Muslim, mahasiswa Muslim bersaing dalam dunia bisnis, mestilah harus maju dan menang karena ada dua keuntungan dan kesempatan yang pasti diperolehnya, yaitu dunia dan akhirat serta kenikmatan lahir dan batin.

Seperti diketahui, Kholid Ashari adalah pemilik usaha kenamaan Senyum Media. Dia memulai bisnisnya sejak dari bangku kuliah menjadi seorang loper koran hingga akhirnya memiliki bisnis alat tulis kantor, alat rumah tangga, serta komputer yang saat bernilai lebih dari 50 Milyar. ● maghfur

Post A Comment