SMUGAFORIA II, Euforianya Siswa SMAMGA

penampilan sebuah band pada acara SMUGAFORIA II


Ada yang berbeda di SMA Muhammadiyah 3 Jember sejak tanggal 23-29 Januari 2017. Ya, ribuan orang dari berbagai SMP di kota Jember menghadiri acara SMUGAFORIA II One Week Festival 2017.
Acara SMUGAFORIA adalah event tahunan SMA Muhammadiyah 3 Jember, dan melibatkan unsur ekstrakurikuler serta IPM SMAMGA. Selama seminggu penuh bertempat di kelas dan halaman SMA Muhammadiyah 3 diadakan pameran, bazaar serta penampilan dari kelas X, XI dan ekstrakurikuler yang ada di SMAMGA.
Selain itu dari hari Senin (23/1/2017) hingga Sabtu (28/1/2017) diadakan lomba-lomba antara lain : news reading contest (representasi ekskul SUNSHINE English), Mading 3D (ekskul Kelompok Ilmiah Remaja), Lomba Tartil dan Dai Cilik (Ekskul Remaja Masjid Smuga), Science Olympiad (ekskul Sanggar Belajar MIPA).
Selain itu ada jam sessions (ekskul musik), Tapak Suci serta Tari Tradisional yang menjadi pengisi acara di puncak SMUGAFORIA di hari Ahad (29/1/2017) kemarin.
Bentang Khatulistiwa Ranga Cakti, Ketua Pelaksana sekaligus Ketua IPM SMAMGA saat diwawancara jembermu.com menyatakan bahwa acara SMUGAFORIA II bertujuan menjadi sarana promosi IPM, ekstrakurikuler serta sekolahnya SMA Muhammadiyah 3 kepada pengunjung yang rata-rata anak SMP. Menurut data yang tercatat, ada lebih dari 1000 pengunjung selama seminggu dilaksanakannya acara. “Menurut saya, keunikan SMUGAFORIA dibanding yang lain adalah punya konsep euforia, edukatif dan mampu menarik antusias lebih dari seribu orang,” ungkap siswa berkacamata ini.
Bentang berharap ke depannya acara SMUGAFORIA bisa lebih baik serta punya acara dan peserta yang lebih lagi.
stand bazaar acara SMUGAFORIA II

Sementara itu, Daniel Soemba, guru SMA Muhammadiyah 3 sekaligus Koordinator Lapangan SMUGAFORIA menyatakan bahwa pihak sekolah sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya pelaksanaan tahun ini lebih baik karena di tahun pertama SMUGAFORIA hanya punya 2 even sedangkan di tahun ini ada 6 even.
“Bukan hanya itu saja, momentum SMUGAFORIA juga sebagai sarana memperkuat ukhuwah antar siswa dan guru serta sarana promosi yang efektif menurut kami,” terang Daniel.
Selain itu Daniel juga menambahkan, even ini juga merupakan satu bentuk pemenuhan kriteria dalam akreditasi sekolah dimana salah satu poinnya adalah aktualisasi siswa, apresiasi siswa dalam bidang akademik, non-akademik serta seni budaya.
Tampak turut hadir dalam acara SMUGAFORIA ini siswa, guru serta karyawan SMA Muhammadiyah 3 Jember.

Foto dan laporan : maghfur