MEK Dorong Ketahanan Pangan Dengan Workshop Hidroponik

Workshop hidroponik oleh Majelis Ekonomi & Kewirausahaan
Workshop hidroponik oleh Majelis Ekonomi & Kewirausahaan
MEK Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan PDM Jember yang diketuai oleh bapak Kholid Ashari, SE mengadakan Workshop Hidroponik, Ahad 8 Mei 2016 di Villa Harmoni, desa Kemuning, Rembangan.

Kegiatan ini bekerjasama dengan JUFA (Jember Urban Farming), yakni komunitas berkebun bagi masyarakat perkotaan yang sudah eksis di kota suwar-suwir Jember.

Peserta yang tidak kurang dari 30 orang ini berasal dari beberapa perwakilan cabang, ortom Muhammadiyah maupun dari undangan lainnya.

Diawali dengan presentasi gambaran umum tentang hidroponik oleh Bapak Taufik, selaku anggota MEK Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jember yang juga sebagai ketua panitia workshop sekaligus anggota komunitas JUFA.

Pemaparan pak Taufik tersebut memberikan pengetahuan bagi peserta, betapa aktivitas bertani 'urban' dalam bentuk hidroponik ini memiliki beberapa dimensi manfaat. Bisa menjadi hobi penghilang stress, menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi sayur bebas pestisida dan bahkan untuk peluang bisnis yang cukup menggiurkan.

Setelah 'break' sholat dhuhur dan makan siang, Workshop dilanjutkan dengan praktek yang dibantu oleh Ibu Yuli selaku ketua JUFA. Peserta dipandu 'step-by-step' dari awal mempersiapkan penanaman hidroponik dengan metode "Wick System".

Terakhir, praktek penanaman hidroponik ditutup dengan sesi tanya jawab yang langsung dijawab oleh ibu Yuli.

"Hidroponik ini salah satu ikhtiar dari Muhammadiyah untuk meningkatkan taraf ekonomi ummat umumnya dan warga Muhammadiyah khususnya," ujar Dima Akhyar, SH selaku wakil ketua PDM yang membawahi MEK sebelum acara berakhir. (*)


foto Pak Taufik
liputan Fahrudin

Post A Comment

ADVERTISEMENTS