ADVERTISEMENTS

SMK MULIA Cakru Siap Luncurkan Program MBS 2018

SMK Muhammadiyah 5 Cakru siap membuka kembali Program Khusus Boarding School angkatan ke-4
pada tahun ajaran 2018-2019
Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cakru tak berhenti berinovasi dalam mengembangkan Amal Usaha Muhammadiyah di wilayahnya. Ini dibuktikan dengan perkembangan pesat salah satu AUM nya SMK Muhammadiyah 5 Cakru (SMK MULIA). Setelah sebelumnya SMK MULIA mendirikan gedung megah sebagai sarana pembelajaran, kali ini SMK MULIA siap meluncurkan Program Khusus Mulia Boarding School (MBS) 2018 untuk angkatan ke-4.

Program yang berjalan sejak berdirinya SMK MULIA ini merupakan upaya menyiapkan kader dakwah yang ber-akhlakul karimah dan memiliki keahlian di bidang keilmuan Islam. SMK MULIA membuka program yang beralamat di desa Cakru kecamatan Kencong ini karena sangat sadar betapa pentingnya bekal Al – Qur’an bagi para santri. Salah satunya dengan hafalan Al – Qur’an (tahfidzul Qur’an) serta perbaikan bacaan Al – Qur’an (tahsin). Namun, di samping itu, program tahfidz dan tahsin ini juga dipakai sebagai usaha mendekatkan para santri dengan Al – Qur’an. Karena bagaimana pun, seorang yang mempunyai hafalan tidak akan bisa jauh dari Al – Qur’an. Selain itu program ini juga bertujuan membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk dapat menggali potensi serta mengembangkan diri sebagai kader Muhammadiyah dan intelektual muslim yang berwawasan global serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Adapun uraian lengkap tentang Program Khusus Mulia Boarding School (MBS) pada program harian berikut ini:

1) Tahsin
Program tahsin atau perbaikan bacaan Al – Qur’an ini dilakukan untuk persiapan santri menuju level hafalan. Program ini penting dilakukan agar di level hafalan nanti tidak banyak menemukan kendala dalam hal bacaan. Baik kendala yang dirasakan oleh peserta tahfidz maupun kendala yang dirasakan oleh pengampu.

Program tahsin ini secara umum diikuti oleh peserta didik kelas 10 Program Khusus MBS dengan materi tahsin diseragamkan pada juz 30. Masing – masing kelompok diisi sekitar 3 - 6 santri dengan satu pengampu. Tugas pengampu adalah menyimak bacaan dan membimbing santri dalam perbaikan bacaan hingga sesuai dengan kaidah tajwid.

2) Tahfidz
Setelah mengikuti program tahsin di kelas 10, secara umum santri siap mengikuti program tahfidz yang wajib diselesaikan. Materi tahfidz yang dibebankan di masing – masing kelas dan ujian tahfidz per semester adalah kelas 10 tahfidz juz 30, kelas 11 tahfidz juz 29, kelas 12 tahfidz juz 1. Program tahfidz dilakukan setiap hari setelah shalat shubuh (waktu wajib) dan waktu – waktu yang lain sesuai kesepakatan kelompok dan pengampu.

Asrama Putra Program MBS Cakru siap digunakan untuk kegiatan
3) Pengayaan Mufrodat dan Bilingual Area (Bahasa Arab dan Inggris aktif)
Pengayaan mufrodat merupakan suatu program yang bernaung di bawah qism lughah atau bagian bahasa di Program Khusus MBS. Pengurus bagian bahasa bertanggung jawab menyiapkan materi dan menyampaikannya kepada seluruh santri setiap 15 menit setiap selesai hafalan. Dalam satu waktu, mufrodat yang disampaikan 2 bahasa sekaligus, Arab dan Inggris.

Kegiatan pengayaan kosakata ini sangat membantu kelancaran program bahasa yang lain, yaitu, bilingual area. Yang dimaksud dengan bilingual area adalah satu pekan semua santri wajib menggunakan bahasa Arab dan pekan berikutnya menggunakan bahasa inggris. Dengan bilingual area ini, diharapkan santri mampu mempraktikan kosakata yang sudah disampaikan dan dihafal dalam percakapan dan obrolan sehari – hari dalam satu pekan yang ditentukan.

4) Puasa sunnah senin – kamis, Tahajjud (Qiyamullail) dan Dhuha
Program unggulan harian dalam hal ibadah selain santri wajib shalat 5 waktu berjamaah, para santri juga puasa senin dan kamis, tahajjud dan dhuha. Ini dimaksudkan sebagai upaya pembiasaan para santri untuk gemar melakukan ibadah sunnah dan sekaligus sebagai pembentukan karakter dari pembiasaan ini bisa terlihat dari kesiapan sebagaian santri untuk melakukan ibadah lebih dari yang diprogramkan pada Program Khusus MBS.

Gedung 2 MULIA Building yang saat ini sedang dalam proses pembangunan
5) Dirosah Islamiyah
Dirosah Islamiyah adalah program yang wajib diikuti oleh setiap santri program khusus Mulia Boarding School (MBS) sebagai usaha untuk mempelajari secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan nilai-nilai dasar ajaran agama islam, baik itu materi aqidah, hadits, ilmu bahasa Arab dasar nahwu dan shorof, ilmu fiqih, ilmu hadist, serta siroh nabawiyah. Termasuk kajian terjemah lafdziyah (terjemah perkata) yang merupakan kegiatan intrakurikuler di SMK Muhammadiyah 5 (SMK Mulia). Kegiatan dirosah islamiyah dilaksanakan setiap hari setelah shalat shubuh dan shalat maghrib (waktu wajib) sesuai jadwal.

Untuk pendaftaran secara online Santri Baru SMK MUHAMMADIYAH 5 JEMBER PROGRAM KHUSUS MBS bisa di www.smkmuliajbr.sch.id atau menghubungi Safrizal M. Arifin di 085336034134
jilbab terbaru

Post A Comment

ADVERTISEMENTS
agen umrah haji terpercaya