ADVERTISEMENTS
Lazismu Jember

Ketua PDM Jember Sampaikan 4 Pedoman Usaha Di RAT KSU Al-Mawaddah Bangsalsari

KH. Kusno, MPdI menyampaikan 4 pedoman usaha di hadapan peserta RAT XIX KSU BMT Al-Mawaddah
Pada Sabtu (27/1/2018) lalu, Majelis Ekonomi & Kewirausahaan PCM Bangsalsari dan Pengurus serta Anggota Koperasi Serba Usaha (KSU) BMT Al-Mawaddah Bangsalsari mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) XIX Tahun Buku 2017 di Cafe n Resto Ar-Rahmah di Komplek Kantor Pusat Dakwah Muhammadiyah PCM Bangsalsari.

Hadir pada acara RAT tersebut 100 orang terdiri dari pengurus dan anggota KSU BMT Al-Mawaddah, Ketua Muhammadiyah Jember KH Kusno, MPdI, perwakilan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Jember Ibu Farida, serta perwakilan PCM dan PCA Bangsalsari.

Dalam Kegiatan RAT kali ini membahas mengenai Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus dan Pengawas Tahun Buku 2017 serta berakhirnya masa jabatan pengurus KSU BMT Al-Mawaddah periode 2013-2017 sekaligus Pembentukan/Reformasi Pengurus masa jabatan baru 2018-2022

Acara dimulai jam 08.30 dengan pembacaan Kalam Illahi oleh Masrukin Wibowo dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta Mars Sang Surya dan Mars ‘Asiyiyah. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua KSU BMT Al-Mawaddah Bangsalsari Sadiyan, M.Pd, yang dalam paparannya menyampaikan beberapa capaian pengembangan selama tahun buku 2017.

Beberapa capaian itu diantaranya dengan berdirinya gedung baru yang merupakan komplek Amal Usaha Muhammadiyah berupa pendirian PT Rahmah Surya Abadi yang membidani lahirnya Klinik Ar-Rahmah dibawah naungan Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU), Café n Resto Ar-Rahmah dan sekaligus Kantor Baru KSU BMT Al-Mawaddah Bangsalsari.

Sementara itu, Ketua Muhammadiyah Jember KH Kusno, MPdI menyampaikan dalam sambutannya bahwa setidaknya ada 4 hal yang perlu dipedomani dalam mengembangkan usaha, termasuk usaha ekonomi. Pertama, nilai yang dikembangkan sekurang kurangnya berbasis ta' awun ala al-birri wat taqwa wa laa ta'awun ala al-istmi wa al-udwan, serta mukhlishin lahuddin, tidak hanya keuntungan duniawiyat tapi juga ukhrawiyat, ridlo Allah adalah segalanya. Kedua, sistem manajemen profesional, transparan dan akuntabel, jelas SOP dan SIABIDIBAnya, standar progress kinerja. Ketiga, leadership kuat, shidiq, amanah, tabligh dan fathonah, dan Keempat , networking usaha yg luas.

Acara dilanjutkan oleh sambutan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember yang diwakili oleh  Ibu Farida. Dalam sambutannya Ibu Farida menyampaikan apresisai kepada KSU BMT AL-Mawaddah bahwa penyelenggaran RAT tepat waktu dan Laporan pertanggungjawaban Pengurus dapaat diterima/disetujui oleh semua anggota yang hadir, sehingga bisa dikatakan telah memenuhi semua ketentuan perkoperasian dengan baik dan memperoleh nilai bagus (A).

Selain itu disampaikan pula agar KSU BMT AL-Mawaddah Bangsalsari lebih maju maka perlu ditingkatan permodalan sendiri karena selama ini besarnya modal yang dimiliki tidak sebanding dengan besarnya asset yang mencapai angka 5 M lebih. Maka beliau menyarankan kepada anggota agar menaikkan jumlah simpanan pokok anggota.

"Dan jangan lupa kepengurusan KSU BMT AL-Mawaddah ke depan  bahwa perlu adanya kaderisasi agar tidak terjadi penurunan trust terhadap eksistensi Amal Usaha yang dimiliki oleh PCM Bangsalsari ini," pungkas  Alumni SMA Muhammadiyah Situbondo ini.

Rapat Anggota Tahunan XIX Tahun Buku 2017 KSU BMT AL-Mawaddah Bangsalsari ini berakhir pada pukul 13.30 siang. ellys
jilbab terbaru

Post A Comment

ADVERTISEMENTS
Umroh Ramadhan 2018